IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AS SHOFA JUBUNG SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Kurnia, Komala (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AS SHOFA JUBUNG SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI AHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Kurnia Watermak ACC.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Kurnia Firdausy Komala, 2022, implementasi pendekatan saintifik pada proses
pembelajaran sejarah kebudayaan islam kelas x di madrasah aliyah as shofa
jubung sukorambi jember tahun ajaran 2021/2022
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Proses Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam.
Dalam suatu pembelajaran pendekatan dalam suatu proses pembelajaran
sangat berpengaruh kepada efektifitas pengajaran yang turut menentukan
keberhasilan pembelajaran. Untuk menghasilkan peserta didik aktif, kritis,
inovatif perlu adanya perubahan dalam pembelajaran. Adapun perubahan yang
dilakukan dalam suatu proses pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan yang
tepat, yakni pendekatan saintifik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi
pendekatan saintifik pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas x
di Madrasah Aliyah As Shofa?.2) Bagaimana Evaluasi dan Hambatan pada proses
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas x di Madrasah Aliyah As Shofa?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Menganalisis dan
mendeskripsikan Implementasi pendekatan saintifik pada proses pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam kelas x di Madrasah Aliyah As Shofa. 2) menganalisis
dan mendeskripsikan Evaluasi dan Hambatan pada proses pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kelas x di Madrasah Aliyah As Shofa
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara semi
terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles
Huberman dan saldana yaitu meliputi tiga langkah: Kondensasi data, Penyajian
data, Penarikan simpulan dan verfikasi. Keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1). Pada tahap awal perencanaan
dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan
pendekatan saintifik pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas
X Madrasah Aliyah As Shofa melalui beberapa langkah yang biasa disebut 5M
(Mengamati,menanya,mengumpulkan informasi,menalar mengkomunikasikan),
2). Hambatan yang ditemui dalam pendekatan saintifik pada proses pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam yaitu : 1) Pada kegiatan mengamati peserta didik baru
perlu penyesuaian, 2) Pada kegiatan menanya malu dalam menyampaikan
pertanyaan, 3) Pada Kegiatan mengumpulkan informasi rendahnya minat
membaca, 4) Pada kegiatan menalar kurang menguasai materi dan cenderung
pasif, 5) Pada kegiatan mengkomunikasikan materi Sejarah Kebudayaan Islam
terlalu luas. Evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan tiga
evaluasi yaitu: evaluasi ranah kognitif yang dilakukan melalui kegiatan tes lisan
dan tes tulis, evaluasi ranah afektif yang melalui lembar pengamatan sikap dan
tingkah laku, evaluasi ranah psikomotor yaitu melalui kegiatan praktik
mengkomunikasi di depan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kurnia Firdausy Komala
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:22
Last Modified: 06 Jan 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item