Manajemen Ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dalam Meningkatkan Potensi Santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger-Jember

Wadia, Ilmi (2022) Manajemen Ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dalam Meningkatkan Potensi Santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger-Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WADIA ILMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Ekstrakurikuler, Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah, Potensi
Santri.
Manajemen ekstrakurikuler adalah seluruh proses yang telah direncanakan dan
diusahakan secara terorganisir mengenai kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di
luar jam pelajaran untuk menambah perkembangan potensi pada peserta didik baik itu
berkaitan dengan dengan ilmu pengetahuan maupun dalam pengertian khusus dalam
membimbing perserta didik dalam mengembangkan potensi bakat dan minat yang ada
pada diri peserta didik dengan melalui kegiatan-kegiatan yang wajib maupun pilihan.
Peneliti memilih pondok pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo-Puger karena merupakan
satu-satunya pondok tertua yang menerapkan ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah AlArabiyah.
Fokus dalam penelitian ini ialah: Pertama, bagaimana perencanaan
ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dalam meningkatkan potensi santri
Bustanul Ulum Mlokorejo?. Kedua,bagaimana pengorganisasian ekstrakurikuler
Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dalam meningkatkan potensi santri Bustanul Ulum
Mlokorejo?. Ketiga, bagaimana penggerakan ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah AlArabiyah dalam meningkatkan potensi santri Bustanul Ulum Mlokorejo?. Keempat,
bagaimana pengendalian ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dalam
meningkatkan potensi santri Bustanul Ulum Mlokorejo? Tujuan penelitian ini ialah:
Untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian
ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dalam meningkatkan potensi santri
Bustanul Ulum Mlokorejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah
Al-Arabiyah dilakukan tiap awal semester melalui rapat, dalam rapat menentukan guru,
program kegiatan untuk satu semester kedepan dan menentukan waktu kegiatan 2)
pengorganisasian ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah meliputi pembagian
tugas pada setiap program kegiatan, pembagian guru mapel, dan pembagian kelas
dengan kriteria yang sudah ditentukan 3) penggerakan ekstrakurikuler Markaz AlLughah Al-Arabiyah pengasuh, kepala Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah dan guru
dalam menggerakkan kegiatan dilakukan dengan memberikan pengarahan, motivasi,
dan menjalin komunikasi yang baik 4) pengendalian ekstrakurikuler Markaz Al-Lughah
Al-Arabiyah dilakukan setiap seminggu sekali dan semesteran. Pengendalian mingguan
dilakukan untuk meminimalisir masalah yang berlarut-larut. Pengendalian semesteran
dilakukan setelah selesai ujian yang biasanya mengevaluasi keseluruhan dari kegiatan
Markaz Al-Lughah Al-Arabiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Wadia Ilmi Wadia Ilmi Wadia Ilmi
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:57
Last Modified: 09 Jan 2023 04:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16654

Actions (login required)

View Item View Item