ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN COOL-CRITICAL-CREATIVE-MEANINGFULL DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA

Putri, Intan Safila (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN COOL-CRITICAL-CREATIVE-MEANINGFULL DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI WATERMARK_INTAN SAFILA PUTRI_T20197151.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berpikir sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah matematika,
begitu pula kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan
permasalahan matematika tipe HOTS, tujuan diadakannya soal HOTS adalah untuk
mengasah kemampuan berpikir kritis siswa, untuk model pembelajaran yang digunakan
pada penelitian ini adalah model pembelajaran 3CM, pada pembelajaran ini terdapat
aspek pembelajaran cool-critical-creative-meaningfull. Dan untuk mendapatkan hasil
pembelajaran yang optimal maka keaktifan siswa menjadi peran sangat penting dalam
penelitian ini.
Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa
SMP dalam menyelesaikan soal HOTS melalui pembelajaran 3CM ditinjau dari
keaktifan siswa tingkat rendah, tingkat sedang dan tingkat tinggi. Dari fokus penelitian
ini maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir
kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS setelah diberikan pembelajaran 3CM
ditinjau dari keaktifan siswa tingkat rendah, tingkat sedang dan tingkat tinggi.
Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIA SMP Plus Darus Sholah Jember dengan
jenis penelitian deskriptif kualitatif serta menggunakan desain penelitian One Shot Case
Study. Adapun Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah melakukan
pembelajaran 3CM, melakukan observasi keaktifan siswa, angket keaktifan siswa, tes
kemampuan berpikir kritis, wawancara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam
menyelesaikan soal HOTS setelah melakukan model pembelajaran 3CM ditinjau dari
Keaktifan siswa, 1) 2 siswa dengan kategori keaktifan siswa tingkat rendah mampu
menyelesaikan 1 soal dari 3 soal yang disajikan, dengan siswa pertama mampu mencapai
indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan kurang sempurna dalam indikator inferensi
sementera satu siswa lagi kurang sempurna dalam mencapai indikator interpretasi akan
tetapi mampu mencapai indikator analisis, evaluasi dan inferensi. 2) 2 Siswa dengan
kategori keaktifan siswa tingkat sedang mampu menyelesaikan 3 soal dari 3 soal yang
disajikan, akan tetapi 2 siswa tersebut hanya mampu mencapai indikator yang disajikan
dengan sempurna pada soal nomor 1 dan 3, pada soal nomor 2 mereka sama sama
mencapai indikator interpretasi akan tetapi kurang sempurna dalam indikator ananalis,
evaluasi dan inferensi. 3) 2 siswa dengan kategori aktif tingkat tinggi mampu
menyelesaikan 3 soal dari 3 soal yang disajikan dengan mnecapai indikator interpretasi,
analisis, evaluasi dan inferensi dengan sempurna dan mampu menyelesaikan soal tepat
waktu.
. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Cool-Critical-CreativeMeaningfull, Kekatifan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Intan Intan Safila Putri Intan Safila Putri
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:49
Last Modified: 11 Jan 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item