Analisis Perilaku Konsumen Tanaman Hias Di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten jember

Farichah, Ziadatul (2022) Analisis Perilaku Konsumen Tanaman Hias Di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ziadatul Farichah_E20172107.pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ziadatul Farichah, Dr. Ahmadiono, M.E.I, 2022: Analisis perilaku konsumen tanaman hias di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember.

Di dalam skripsi ini menjelaskan mengenai fenomena yang terjadi yaitu sebuah perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi tanaman hias yang dimana dalam konsumsi tersebut yang berpengaruh pada aspek kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Berdasarkan hal ini maka dilakukanlah penelitian yang berjudul analisis pergeseran perilaku konsumsi tanaman hias di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola pergeseran pembelian tanaman hias di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. 2) Apa yang melatarbelakangi pergeseran tanaman hias di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. 3) Bagaimana dampak pergeseran perilaku konsumsi tanaman hias dalam ekonomi keluarga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pergeseran perilaku konsumsi tanaman hias. Subjek penelitian yaitu pemilik usaha serta konsumen tanaman hias. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) trend, terdapat adanya sebuah hal yang dimana dalam mengikuti trend tanaman hias pertama karena unsur keindahan, dengan keindahan itu maka akan menjadi alasan untuk bisa mengikuti trend yang ada. Harga, Melihat cara dari pola pembelian konsumen terhadap tanaman hias yang dimana untuk bisa membeli atau mendapatkan tanaman hias yaitu mereka mempunyai tahapan dalam membelinya Jenis, adanya tahapan dalam pola pembelian tanaman hias yang kini dilakukan oleh konsumen dalam pembelian yang disesuaikan berdasarkan jenis dari tanaman hias, sehingga dari pola pembelian tersebut terdapat adanya sebuah cakupan dalam pembelian tanaman yang disesuaikan dengan jenisnya 2) adapun beberapa faktor atau dorongan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumsi yakni yang pertama adalah adanya Faktor sosial (kelompok dan keluarga), lalu yang kedua yakni faktor pribadi(ekonomi dan pekerjaan), yang ketiga faktor harga. 3) walaupun memang dalam sebuah pembelian yang pasti akan menambah pengeluaran, akan tetapi berbeda dari pembelian pada tanaman hias ini, yang mana untuk kali pertama dalam pembelian tanaman hias itu memang berdampak pada perekonomian keluarga, kemudian dari dampak tersebut maka konsumen disini mensiasati bagaimana dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan juga kegiatan pembelian akan tanaman hias ini sama-sama bisa terpenuhi, yaitu dengan mencari pekerjaan sampingan dalam memenuhi kedua hal tersebut.

Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Pola Pembelian, Ekonomi Keluarga.

Ziadatul Farichah, Dr. Ahmadiono, M.E.I, 2022: Analysis of shifts in consumption behavior of ornamental plants in Rowotengah Village, Sumberbaru District, Jember Regency.
This thesis describes the phenomenon that occurs, namely a change in people's behavior in consuming ornamental plants, which in consumption affects aspects of life and daily activities. Based on this, a study entitled the analysis of shifts in consumption behavior of ornamental plants was conducted in Rowotengah Village, Sumberbaru District, Jember Regency.
The focus of this research is: 1) How is the pattern of shifting the purchase of ornamental plants in Rowotengah Village, Sumberbaru District, Jember Regency. 2) What is the background of the shift in ornamental plants in Rowotengah Village, Sumberbaru District, Jember Regency. 3) What is the impact of the shift in consumption behavior of ornamental plants in the family economy.
This study is a descriptive study that aims to determine the shift in consumption behavior of ornamental plants. The research subjects are business owners and consumers of ornamental plants. This research uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type of research. Data collection techniques used in the study were observation, interviews, and documentation. The validity of the data using the source triangulation method.
The results of this study are: 1) The research shows that from the stages carried out by consumers in purchasing patterns regarding ornamental plants as consumption behavior, then in this case also where an ornamental plant consumer makes a pattern or form in purchasing ornamental plants related to what is the state of the market, which talks about the price of the ornamental plant, whether the price of the plant is down, stable or even rising, and consumers here look at the local market and outside markets as a comparison. 2) as for several factors or encouragement that can influence consumption behavior, namely the first is the existence of a group of friends, then the second is cultural trends, the third is network or encouragement from the family, and the last is because it comes from oneself. 3) even though it is a purchase that will definitely increase spending, but it is different from the purchase of this ornamental plant, which for the first time in purchasing ornamental plants does have an impact on the family economy, then from this impact, consumers here anticipate how to fulfill family needs and also buying activities for these ornamental plants can both be met, namely by looking for side jobs in fulfilling these two things.

Keywords: Consumption Behavior, Purchase Shift Pattern, Family Economy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ziadatul Farichah
Date Deposited: 11 Jan 2023 09:18
Last Modified: 11 Jan 2023 09:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item