Manajemen pendistribusian dana zis melalui program Banyuwangi makmur masa pandemi covid-19 di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi

Aprillia, Ajeng Vina (2023) Manajemen pendistribusian dana zis melalui program Banyuwangi makmur masa pandemi covid-19 di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ajeng Vina Aprillia_E20184004.pdf
Restricted to Registered users only until 5 April 2025.

Download (2MB)

Abstract

Ajeng Vina Aprillia, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2022: Manajemen Pendistribusian Dana ZIS Melalui Program Banyuwangi Makmur Masa Pandemi Covid-19 di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu dari program BAZNAS Kabupaten Banyuwangi yang dikategorikan pemberdayaan pengelolaan zakat dengan program distribusi adalah program Banyuwangi Makmur yang dimana program ini terdiri dari bantuan modal usaha mikro dan bantuan alat kerja, dan implementasi dari program ini agar dapat membantu menstabilkan perekonomian mustahik masa pandemi covid-19.
Dalam skripsi ini terdapat fokus penelitian yaitu sebagai berikut:1. Bagaimana manajemen pendistribusian dana ZIS di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi? 2. Bagaimana manajemen pendistribusian dana ZIS melalui program Banyuwangi Makmur masa covid-19 di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi?.
Sehingga penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: 1) Mengetahui manajemen pendistribusian dana ZIS di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi? 2) Mengetahui manajemen pendistribusian dana ZIS melalui program Banyuwangi Makmur masa pandemi covid-19 di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian menggunakan data primer dan sekunder, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Kesimpulan: 1) Manajemen pendistribusian dana zakat, infaq dan shadaqah di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi berupaya untuk meningkatkan kestabilan perekonomian mustahik, dengan dukungan program-program yang ada di dalamnya. Agar program kerja tersebut berjalan dengan efektif, maka BAZNAS Kabupaten Banyuwangi harus menerapkan konsep manajemen didalamnya. 2) Manajemen pendistribusian dana ZIS melalui Program Banyuwangi Makmur masa Pandemi Covid-19 di BAZNAS Banyuwangi sudah efisien. Hal ini terbukti dari data mustahik yang meningkat dari tahun 2019-2021 yang mana di tahun tersebut masih maraknya pandemi covid-19 dimana perekonomian mustahik melemah, merosot dan banyak lapangan pekerjaan hilang. Untuk itu manajemen diterapkan agar pendistribusiannya tidak semena-mena. Dan juga pendistribusian selama pandemi covid-19 berjalan dengan baik dan mengikuti protokol kesehatan.

Kata Kunci: Manajemen Pendistribusian ZIS, Banyuwangi Makmur, Covid-19, BAZNAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ajeng Vina Aprillia
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:29
Last Modified: 05 Apr 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item View Item