Audia Putri, Ghofifah (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI di Sekolah SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.
Text
GHOFIFAH AUDIA PUTRI_T20181147.pdf Download (12MB) |
Abstract
Kata Kunci : LKPD,ceative problem solving,valid,efektif.
Salah satu masalah yang terjadi dalam pembelajaran adalah minat belajar
dari peserta didik, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar dari peserta didik
kurang memuaskan. Maka dari itu perlunya inovasi belajar yang dilakukan oleh
guru agar peserta didik menjadi lebih tertarik dengan pelajaran yang disampaikan.
Salah satu usaha yang bisa dilakukan agar peserta didik berminat yaitu dengan
mengembangkan bahan ajar seperti LKPD.
Rumusan masalah ini yaitu: 1) Bagaimana proses pengembangan LKPD
berbasis creative problem solving (CPS) pada mata pelajaran PAI dan Budi
Pekerti kelas XI di SMAN 2 Jember ?, 2) Bagaimana kelayakan LKPD berbasis
creative problem solving (CPS) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas
XI di SMAN 2 Jember ?, 3) Bagaimana keefektifan dari lembar kerja peserta
didik (LKPD) berbasis creative problem solving (CPS) pada mata pelajaran PAI
dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 2 Jember ?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan proses
pengembangan LKPD berbasis creative problem solving (CPS) pada mata
pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 2 Jember, 2) Untuk
mendeskripsikan hasil kelayakan dari lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis
creative problem solving (CPS) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas
XI di SMAN 2 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan hasil keefektifan dari lembar
kerja peserta didik (LKPD) berbasis creative problem solving (CPS) pada mata
pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 2 Jember.
Penelitian ini termasuk research and development atau RnD menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analysis – Desain – Develop – Implement -
Evalute). Model pengembangan ADDIE menggunakan lima langkah yaitu : (1)
analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5)
evaluasi.
Berdasarkan penelitian ini telah dihasilkan lembar kerja peserta didik
(LKPD) berbasis creative problem solving (CPS) pada mata pelajaran PAI dan
Budi Pekerti valid dan efektif, 1) Dengan melalui proses pengembangan dengan 5
tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, 2) Dengan
mendapatkan hasil analisis kelayakan menunjukkan rata-rata dari ahli bahasa
87,5% dinyatakan sangat layak, dari ahli desain 80% dinyatakan layak dan dari
ahli PAI dan Budi Pekerti 92% dinyatakan sangat layak, dengan melihat rata –
rata dari ketiga ahli maka LKPD yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat
layak, 3) Sedangkan untuk hasil analisis keefektifan menunjukkan rata-rata 90%
dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian produk LKPD yang
dikembangkan dapat dikatakan valid dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Ghofifah Audia Putri |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 00:44 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 00:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16920 |
Actions (login required)
View Item |