Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Nuris Jember Tahun 2019/ 2020

Emzet, Muhammad (2020) Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Nuris Jember Tahun 2019/ 2020. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Muhammad Emzet_0849318017.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci: Tutor Sebaya, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar. Pembelajaran yang efektif sudah tentu menjadi harapan semua pendidik dan peserta didik, dimana diharapkan setelah melaksanakan proses pembelajaran akan ada timbal balik yang positif dari peserta didik, sehingga pembelajaran akan lebih bersemngat, baik dari peserta didik ataupun pendidik itu sendiri. Oleh karena itu, dalam Tesis ini akan membahas metode pembelajaran yang akan membantu pendidik dan peserta didik untuk mencapai ketuntasan. Metode tutor sebaya, dimana teman yang sudah dianggap tuntas (pandai) terhadap materi pembelajaran, diberikan tugas untuk membantu teman yang mempunyai kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran tutor sebaya dengan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest- Only Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Data tentang motivasi berprestasi dikumpulkan dengan angket dan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis uji beda (uji t-test). Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 16. Hasil Analisis menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran tutor sebaya dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar adalah signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 89,90 dan kelas kontrol 65,52. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan motivasi berprestasi tinggi adalah 95.69 dan motivasi berprestasi rendah adalah 80.50. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan motivasi berprestasi tinggi adalah 73.45 dan motivasi berprestasi rendah adalah 56.80. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan rendah secara signifikan. Hasil uji F rata-rata kedua kelompok menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan rendah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:57
Last Modified: 29 Mar 2021 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item