Implementasi Konsep Sociopreneurship Oleh Kelompok Sosial Ekonomi Imaji Sociopreneur di Jember Pada Era Pandemi Covid-19

Albab, Habib Ulul (2022) Implementasi Konsep Sociopreneurship Oleh Kelompok Sosial Ekonomi Imaji Sociopreneur di Jember Pada Era Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Habib Ulul Albab_E20182345.pdf

Download (3MB)

Abstract

Habib Ulul Albab, Khusnul Khotimah, S.Pd, M.Pd. 2022: Implementasi Konsep Sociopreneur Oleh Kelompok Sosial Ekonomi Imaji Sociopreneur di Jember Pada Era Pandemi Covid-19.
Sociopreneurship atau Kewirausahaan sosial merupakan suatu bentuk usaha yang bertujuan untuk melakukan perubahan sosial dengan menyelesaikan permasalahn sosial dengan menggunakan prinsip-prinsip kewirausahaan. Kewirausahaan sosial merupakan sautu usaha yang tidak hanya berfokus pada keuntungan akan tetapi juga menyeimbangkan dengan sifat altruistic serta pendayagunaan sumber daya masyarakat disekitaran usaha.
Fokus penelitian dalam kajian ini yaitu: 1) Bagaimana Implementasi konsep sociopreneur oleh kelompok sosial Ekonomi Imaji Sociopreneur di Jember pada era pandemi Covid-19? 2) Bagaimana dampak implementasi Konsep Sociopreneur terhadap Kelompok sosial Ekonomi Imaji Sociopreneur?
Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan sistem pelaksanaan konse sociopreneur oleh kelompok sosial ekonomi Imaji Sociopreneur di Jember pada era pandemi covid-19. 2) mendeskripskan dampak implementasi konsep sociopreneur terhdap kelompok sosial ekonomi Imaji Sociopreneur .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kelurahan Tegal Gede, kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, dan Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Serta Desa Bagon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi Konsep Sociopreneur Oleh Kelompok Sosial Ekonomi Imaji Socipreneur, yaitu dengan cara memberikan edukasi, memberikan pengembangan, dan melakukan pemberdayaan. 2) Dampak Implementasi Konsep Sociopreneurship terhadap Kelompok sosial Ekonomi Imaji Sociopreneur dimana dengan adanya imaji dalam melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada kelompok usaha lokal dengan menggunakan konsep sociopreneur telah memberikan kemajuan bagi kelompok usaha lokal. Dimana mereka dapat memahami mekanisme bisnis secara baik, lebih bisa memahami rantai pasokan barang, sistem pemasaran lebih baik ,sistem penjualan menggunakan media sosial, jangkauan pemasaran juga semakin luas, serta imaji membantu menjualkan produk melalui outlet imaji, pengembangan produk dari segi pengemasan sehingga produk lebih luas dikenal serta semakin menarik banyak konsumen, dan imaji menjadikan kelompok usaha lokal sebuah tim yang agar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang berada dilingkungan usaha ini.

Kata Kunci: Sociopreneursip, Imaji Sociopreneur, Kelompok Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Habib Ulul Albab
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:05
Last Modified: 12 Jan 2023 00:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17012

Actions (login required)

View Item View Item