Implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020

Safitri, Ayu Putri (2020) Implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ayu Putri Safitri_T20165075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ranah kognitif pada anak usia dini perlu mendapat perhatian, karena merupakan bekal utama dalam kehidupan anak kelak, terlebih kemampuan kognitif menjadi kekuatan anak dalam menciptakan sebuah karya sekaligus menjadi solusi dalam memecahkan masalah yang lebih kompleks ketika memasuki pada tingkat pendidikan lanjut. Salah satu permainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif bagi anak adalah bermain ular tangga. Permainan ini dipilih selain medianya mudah didapatkan juga sangat efektif dalam menciptakan suasana interaktif antar anak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek visual pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek aritmetika pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al- Hidayah Pronojiwo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek visual pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek aritmetika pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Al- Hidayah Pronojiwo Lumajang. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek visual pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang dilakukan dengan cara menciptakan situasi belajar menjadi menyenangkan dan mendidik. Belajar dilakukan dengan cara bermain ular tangga yang didesain sesuai karakteristik anak. Permainan ular tangga diarahkan untuk mengenal tentang dasar-dasar lambang bilangan dan lambang huruf seperti, mengenal konsep pada tahap abstrak menuju tahap yang konkret, serta mampu mengamati dan mengelompokkan berbagai pola, jenis bentuk, dan ukuran menjadi satu konsep yang utuh. 2) Implementasi permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek aritmetika pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Pronojiwo Lumajang dilakukan melalui pemberian stimulus berupa bermain ular tangga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Melalui permainan ular tangga, guru mendidik anak agar dapat belajar berhitung permulaan, seperti mampu mengenal lambang bilangan, dapat membilang urutan bilangan dari 1 - 10, mampu membilang dengan menunjuk benda, dan mampu menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda konkret.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 01 Apr 2021 03:04
Last Modified: 01 Apr 2021 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item