Mashfiatus, Sholicha (2023) Perwujudan Ekowisata Pasar Kampoeng Osing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mashfiatus Sholicha_E20182038.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mashfiatus Sholicha, Toton Fanshurna, S.Th.I., M.E.I 2023: Perwujudan Ekowisata Pasar Kampoeng Osing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.
Ekowisata adalah kegiatan perjalanan wisata yang dikemas secara profesional, terlatih dan memuat unsur pendidikan, sebagai suatu sektor/usaha ekonomi yang mempertimbangkan warisan budaya, partisipasi dan kesejahteraan
penduduk lokal serta upaya-upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan. Di Pasar Kampoeng Osing ini menampilkan objek kebudayaan yaitu berupa pasar kuliner yang menjual makanan dan jajanan khas Osing dan para pedagangnya
masyarakat asli kemiren yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
Fokus Penelitian yang di teliti yaitu 1.) Bagaimana ekowisata yang ada di Pasar Kampoeng Osing? 2.) Bagaimana penjualan produk UMKM di Pasar Kampoeng Osing? 3.) Bagaimana upaya pihak Pasar Kampoeng Osing dalam meningkatan volume penjualan produk UMKM?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1.) Untuk mengetahui ekowisata yang ada di Pasar Kampoeng Osing 2.) Untuk mengetahui penjualan produk UMKM di Pasar Kampoeng Osing 3.) Untuk mengetahui upaya pihak Pasar Kampoeng Osing dalam meningkatan volume penjualan produk UMKM.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deksriptif. Untuk menentukan subjek menggungakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalasis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian dalam penelitian ini adalah 1.) Ekowisata yang ada di Pasar Kampoeng Osing ini lebih menampilkan kebudayaannya dengan jenis objek yang disuguhkan berupa kesenian Osing dan para pedagang yang menjual makanan khas Osing 2.) Penjualan yang ada di Pasar Kampoeng Osing ini para pedaganng langsung menawarkan langsung produknya kepada wisatawan yang berkunjung dan dalam penetapan harga pihak pasar hanya memberikan himbauan untuk menetapkan harga yang dapat di jangkau oleh semua kalangan. 3.) Upaya
Pihak Pasar Kampoeng Osing untuk meningkatkan volume penjualan yaitu pihak Pasar Kampoeng Osing ini selalu mengikuti event – event yang diadakan pemerintah dan bantuan promosi langsung dari pemerintahan dan bantuan dari
mahasiswa yang berkunjung lewat media sosial dan menambah suatu inovasi baru produk oleh karena dilihat dari pengunjung luar kota yang mulai banyak untuk dijadikan cinderamata dan dapat lebih dikenal masyarakat luar.
Kata Kunci : Ekowisata, Penjualan, Volume Penjualan
Actions (login required)
View Item |