Ernawati, Ernawati (2020) Upaya meningkatkan motivasi belajar salat anak dengan penerapan salat dhuha paa siswa kelompok A di PAUD Al-Khodijah Kasiyan Timur Puger Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Ernawati_T20165055.pdf Download (20MB) |
Abstract
Pendidikan pada tingkat PAUD/sederajat berfokus pada pengembangan kepekaan sosial, spiritual, fisik, motorik dan moral yang sangat mendasar. Penting kiranya pada fase ini anak usia dini perlu ditanamkan salah satunya, nilai spiritual, misalnya dengan mengenalkan salat. Pengenalan ini dapat melalui pembiasaan salat dhuha, sebagaimana yang dilakukan oleh PAUD Al-Khadijah Kasiyan Timur Puger Jember. Fokus penelitian, yaitu : (1) Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar salat anak pada siswa Kelompok A di PAUD Al-Khodijah, Kasiyan Timur, Puger, Jember? (2) Bagaimana penerapan salat dhuha pada anak Kelompok A di PAUD Al-Khodijah, Kasiyan Timur, Puger, Jember ? Tujuan penelitian ini, yaitu : (1) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar salat anak pada siswa Kelompok A di PAUD Al-Khodijah di Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember. (2) Untuk mengkaji bagaimana penerapan salat dhuha pada anak Kelompok A di PAUD Al-Khodijah Kasiyan Timur Puger Jember. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Data diambil dari dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan terlibat langsung dalam kegiatan yang diteliti. Sedangkan metode analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu dengan pengumpulan data , reduksi data, penyajian data, penarikan data. Adapun uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Upaya meningkatkan motivasi belajar salat dengan memberi reward berupa pujian dan hadiah. Dan kegiatan salat dhuha ini dilakukan dengan program pembiasaan setiap hari pada pukul 07.30-08.00 WIB di dalam kelas. Upaya ini terbilang berhasil karena dapat meningkatkan motivasi belajar salat anak terlihat pada respon anak yang semakin antusias, focus dalam melaksanakan pembiasaan salat dhuha. Dan tertib dalam penataan shof pada pembiasaan salat dhuha . Penerapan salat dhuha pada anak dengan tahapan proses pembelajaran salat dhuha, meliputi teori dan praktek , teori dan praktek salat dan tahap praktek pembiasaan salat dhuha dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan kegiatan salat duha terbilang lancar. Adapun kegiatan ini selalu didukung oleh wali murid untuk terus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 03:39 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 03:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1713 |
Actions (login required)
View Item |