IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETOS KERJA ISLAMI KARYAWAN DI PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC BALUNG JEMBER

WATI, ISNAWATI (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETOS KERJA ISLAMI KARYAWAN DI PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ISNAWATI_E20181174.pdf

Download (1MB)

Abstract

ISNAWATI, Moch. Chotib, S.Ag, M.M. 2022: Implementasi Nilai-nilai Etos Kerja Islami Karyawan di PT Pegadaian (Persero) UPC Balung Jember.

Labelisasi bisnis yang berlandaskan syariah jamak dilakukan oleh pengusaha. tidak memungkiri bahwa labelisasi Syariah merambah dari lorong-lorong bisnis yang menjamur, seperti Lembaga perbankan dan non-perbankan juga ikut terdampak labelisasi. Dengan adanya labelisasi terlihat distingsi pada Lembaga Syariah dan non Syariah. Namun, dalam realitas penerapan rukun syariah juga tidak dilakukan oleh lembaga dengan labelisasi syariah. Penulis meyakini bahwa meskipun perusahaan tidak adanya label syariah sudah ada ketetapan yang sesuai dengan syariah, dikarenakan sebagian dari kita semua ialah mayoritas muslim. Dengan begitu sudah ada nilai-nilai Islam yang ditanamnya dalam setiap kita masing-masing. salah satunya ialah penerapan etos kerja Islami. Dalam penelitian ini etos kerja yang dimaksudkan bukan etos kerja selama ini diketahui secara general namun diambil dari thesis Weber. Salah satu perusahaan yang tidak memiliki labelisasi syariah adalah PT. Pegadaian (Persero). Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian (Persero) UPC Balung Jember karena mayoritas dari pekerjanya ialah muslim.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep dari nilia-nilai etos kerja Islami di PT. Pegadaian (Persero) UPC Balung Jember? 2) Bagaimanan implementasi dari nilai-nilai etos kerja Islami di PT. Pegadaian (Persero) UPC Balung Jember?
Sedangkan tujuan dari penelitian pertama, menganalisis konsep konsep dari nilia-nilai etos kerja Islami di PT. Pegadaian (Persero) UPC Balung Jember. Kedua, menganalisis implementasi dari nilai-nilai etos kerja Islami di PT. Pegadaian (Persero) UPC Balung.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan kategorisasi penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil yang diperoleh adalah: 1) Konsepsi dari nilai-nilai etos kerja Islami di PT. Pegadaian (Persero) UPC Balung Jember tidak menerapkan etos kerja Islami secara langsung. Akan tetapi etos kerja Islami karyawan dibawa melalui socio-kultural karyawan yang termuat didalam Standar Operational dari Perusahaan. 2) Untuk implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam etos kerja Islami sudah terejawantahkan secara samar. Karena dimensi dari etos kerja Islami yang terdiri atas reward, work conflict, job turnover intentious, organizations commitment, dan job satisfaction telah terpenuhi seutuhnya melalui aktivitas kerja karyawan perusahaan.

Kata kunci: Implementasi, Etos Kerja Islami, Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms ISNAWATI WATI
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:17
Last Modified: 13 Jan 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item