Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahayan Ilmu Desa Matekan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun 2019/2020

Wahyuni, Devi Sri (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahayan Ilmu Desa Matekan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Devi Sri Wahyuni_T20169004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran IPS, Program paket B. Program paket B adalah program pendidikan dasar pada jalur pendidikan nonformal setara SMP/MTs bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan dasar. Kurikulum pendidikan kesetaraan paket B, memuat enam bidang studi salah satunya yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaran paket B di PKBM Cahaya Ilmu menggunakan beberapa metode dan media serta evaluasi pembelajaran. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana materi pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmu Desa matekan Kecamatan Besuk kabupaten Probolinggo Tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana metode pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmu Desa Matekan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun ajaran 2019/2020? 3) Bagaimana media pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmu Desa Matekan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun ajaran 2019/2020? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmu Desa Matekan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo Tahun ajaran 2019/2020? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1)Materi pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan paket B isi materinya sama dengan yang di sekolah formal (SMP/MTs) hanya saja memiliki perbedaan yang terletak pada uraian materi yang di cantumkan di bahan ajar, misalnya untuk pendidikan kesetaraan paket B terdiri dari 2 unit tema, untuk materi IPS yang di sekolah formal kelas VII terdiri dari 4 tema. 2) Metode pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan paket B dilakukan melalui 4 metode yaitu, metode tutorial, metode studi mandiri, metode ceramah dan metode tanya jawab. 3) Media pembelajaran IPS pada pembelajaran IPS yaitu menggunakan gambar dan model tiruan bumi. 4) Evaluasi pembelajaran IPS pada program pendidikan kesetaraan paket B dilakukan menggunakan tes yaitu tes tulis ketika semesteran dantes lisan melalui tanya jawab singkat mengenai materi yang telah dibahas oleh tutor pada saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 01 Apr 2021 03:50
Last Modified: 01 Apr 2021 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item