Implementasi Budaya Religius dalam Menguatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Suren

Nur Haziqoh, Irdina (2022) Implementasi Budaya Religius dalam Menguatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Suren. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IRDINA NUR HAZIQOH _T20181476-.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Budaya Religius, Akhlak, Ibadah, Aqidah

MTs Miftahul Ulum Suren merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan budaya religius. Budaya religius adalah sekumpulan nilai-nilai agama yang melandasi prilaku, tradisi dan kebiasaan keseharian yang di praktikan oleh seluruh warga sekolah. Budaya religius yang ada di MTs Miftahul Ulum Suren berkaitan dengan menguatkan nilai – nilai Pendidikan agama islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai-nilai akhlak di MTs Miftahul Ulum Suren? 2) Bagaimana implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai ibadah di MTs Miftahul Ulum Suren? 3) Bagaimana implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai-nilai aqidah di MTs Miftahul Ulum Suren?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai akhlak di MTs Miftahul Ulum Suren 2) Mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai ibadah di MTs Miftahul Ulum Suren 3) Mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai aqidah di MTs Miftahul Ulum Suren.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai akhlak di MTs Miftahul Ulum Suren dengan adanya kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah. Akhlak terhadap Allah SWT dengan adanya kegiatan berdo’a sebelum dan sesudah belajar. Akhlak terhadap sesama dengan adanya kegiatan sapa senyum salam. Akhlak terhadap lingkungan dengan adanya kegiatan giat bersih. Adapun kegiatan pembiasaan adab berpakaian yang termasuk dalam akhlak seorang muslim. 2) Implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai ibadah di MTs Miftahul Ulum Suren dengan adanya kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah yaitu sholat dhuhur berjamaah. Dengan adanya sholat berjamaah diharapkan warga sekolah disiplin dalam pelaksanaan ibadah khususnya sholat dhuhur. 3) Implementasi budaya religius dalam menguatkan nilai aqidah di MTs Miftahul Ulum Suren dengan adanya kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah. Penguatan nilai aqidah berkaitan dengan adanya kegiatan pembacaan asmaul husna dan shalawat nariyah, istighosah yang dilakukan seminggu sekali dan peringatan hari besar islam yang diharapkan warga sekolah selalu mengingat dan beriman kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Irdina Nur Haziqoh
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:04
Last Modified: 13 Jan 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item