PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB YPAC KALIWATES JEMBER

Rivaldi, Dhimas (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB YPAC KALIWATES JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DHIMAS RIVALDHI BAHRUL ULUM_D20183039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Motivasi Belajar, Siswa
Tunagrahita,.
Tunagrahita adalah orang yang memiliki kondisi mental, daya ingan, dan
tingkat intelektual yang rendah, semua kondidi tersebut sangat berpengaruh bagi
mentalnya, tunagrahita memiliki beberapa tingkatan, diantaranya yaitu, ringan
(Mampu Didik) Imbecil (Mampu Latih), dan berat (Mampu Rawat) peneliti hanya
berfokus pada siswa yang memiliki tingkatan tunagrahita mampu didik atau
tunagrahita ringan dikarenakan, siswa tersebut sangat mudah untuk diteliti dan
mudah untuk diajak kerjasama oleh peneliti.
Beberapa focus masalah yang akan diangkat oleh peneliti adalah : 1)
Bagaimana Proses Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Tunagrahita Di SMP-LB BCD YPAC
Kaliwates Jember? 2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Dari
Pengembangan Media Pembelajaran Pada Siswa Tunagrahita Di SMP-LB BCD
YPAC Kaliwates Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan semangat para
siswa tunagrahita untuk mempersiapkan kelangsungan hidup modern, dengan
menggunakan media audio visual disini siswa tunagrahita diajarkan untuk
memahami dan mengerti tentang pembelajaran audio visual untuk meningkatkan
motivasi belajar anak, Keberadaan media audio visual dapat meningkatkan mutu
proses belajar.
Metode yang digunakan oleh peneliti adallah kualitatif deskriptif untuk
pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purpose sampling,
pengumpulan data peneliti melalukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan
sebagai keabsahan data peneliti menggunakan Tekhnik triangulasi Teknik dan
sumber. Peneliti menggunakan model miles dan hubermen sebagai analisis data
yang meliputi reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan, hingga
verivikasi, terakhir peneliti sampai pada tahap penelitian yang menggunakan
tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah gambaran dari proses
pengembangan media audio visual pada siswa tunagrahita ringan di SMPLB-BCD
YPAC Kaliwates, yaitu pertama, observasi sebagaimana untuk Langkah
pendekatan terhadap siswa tunagrahita yang dilakukan peneliti sebagaimana untuk
pengenalan dan pendekatan peneliti terhadap para siswa tunagrahita. Kedua, tahap
pengamatan dan praktek peneliti melakukan proses pengembangan media audio
visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yang mana peneliti mengamati
kepala sekolah dan guru dalam memberikan bimbingan terhadap siswa, sebagai
acuan peneliti untuk melakukan langkah selanjutnya. Ketiga, tahap langkat
evaluasi yang mana dalam Langkah ini dimaksutkan untuk menilai atau
mengetahui sejauh mana proses konseling dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa, serta sejauh mana telah mencapai keberhasilannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Dhimas Rivaldhi
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:15
Last Modified: 13 Jan 2023 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17183

Actions (login required)

View Item View Item