Implementasi Penanaman Nilai – Nilai Akhlak melaui Pembelajaran Kitab Simtudduror Santri di Pondok Pesantren Habibulloh Giri Banyuwangi

Laili Febriani, Nur (2022) Implementasi Penanaman Nilai – Nilai Akhlak melaui Pembelajaran Kitab Simtudduror Santri di Pondok Pesantren Habibulloh Giri Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR LAILI FEBRIANI_T20181490_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Penanaman Nilai – Nilai Akhlak, Pembelajran Kitab SimtuddurorKemerosotan akhlak belakangan ini benar-benar menjadi keresahan bagi orang tua saat ini dalam dunia pendidikan. Pendidikan akhlak bisa didapatkan mulai dari lingkungankeluarga, sekolah dan masyarakat. Penanaman nilai akhlak di Pondok Pesantren Habibulloh diterapkan melalui pembelajaran kitab simtuddurror karya Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, pembacaan dan pembelajaran kitab simtuddurror tersebut pada setiap senin malam secara rutin. Kitab simtudduror ini salah satu karya beliau yang popular
di kalangan masyarakat muslim, sehingga banyak umat muslim membaca dan mempelajari kitab simtudduror baik memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, atau setiap senin malam. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui nilai akhlak yang terkandung dalam kitab simtudduror karya habib ali bin Muhammad Al-Habsyi.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai akhlak kepada Allah SWT. melalui pembelajaran kitab simtudduror santri di Pondok
Pesantren Habibulloh Giri Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai akhlak kepada sesama manusia melalui pembelajaran kitab simtudduror santri di Pondok Pesantren Habibulloh Giri Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai akhlak kepada lingkungan melalui pembelajaran kitab simtudduror santri di Pondok Pesantren Habibulloh Giri Banyuwangi.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun pegumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian di analisis denganmenggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sementara itu, untuk verifikasi data menggunakan teknik
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penanaman nilai akhlak kepada Allah SWT melalui pembelajaran kitab simtudduror yakni dengan meningkatkan ibadahnya seperti sholat berjamaah, sholat sunnah, dan menjalankan semua perintah-Nya dengan adanya peraturan, dapat bersyukur dan menerima apa yang telah diberikan oleh Allah SWT terealisasikan saat santri melakukan ibadah dan menjalankan kegiatan positif dengan ikhlas di pondok pesantren Habibulloh Giri Banyuwangi. 2) Penanaman nilai akhlak kepada sesama manusia dalam pembelajaran kitab simtudduror, yakni melakukan kebaikan, seperti menolong saat seseorang sedang meminta bantuan, saling berbagi seperti diskusi tentang materi yang telah
dipelajari, memiliki solidaritas yang tinggi seperti dengan mengajak kebaikan untuk berjamaah dan belajar bersama, dan saling toleransi antar sesama manusia. 3) Penanaman
nilai akhlak kepada lingkungan dalam pembelajaran kitab simtudduror yakni lebih menjaga dan merawat lingkungan tersebut agar lebih nyaman dan indah untuk di pandang dengan
cara adanya pembiasaan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan pondok pesantren (roan), menjaga dan merawat tumbuhan di sekitar pondok pesantren Habibulloh Giri
Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Laili Febriani
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:24
Last Modified: 13 Jan 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

View Item View Item