Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Khoiria, Nur Lailatul (2023) Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kaia Haji Ahcmad Siddiq.

[img] Text
NUR LAILATUL KHOIRIA T20193114 -1.pdf - Other
Restricted to Repository staff only until 12 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Nur Lailatul Khoiria, 2022, Manajsemen Bimbingan Konseling dalam Pencegahan Bullying di Madrasah aliyah Negeri 2 Jember
Kata Kunci: Manajemen, Bimbingan dan Konseling, Pencegahan dan Bullying.

Manajemen Bimbingan Konseling sangat dibutuhkan serta penting untuk dilaksankan guna membantu peseta didik dalam menghadapi masalah yang dihadapinya. Kemudian Bullying yang sangat menghawatirkan karna berakibat kurang baik untuk pendidikan serta jauh dari harapan sebagaimana tujuan pendidikan nasional. Maka dari itu MAN 2 Jember program (SOP) dalam pencegahan bullying. Akan tetapi kasus bullying verbal yang ada di MAN 2 Jember ini tidak masuk keranah BK karna siswanya bisa mengatasi dirinya sendiri.
Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan bimbingan konseling dalam pencegahan aksi Bullying di Madrasah aliyah Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam pencegahan Bullying di Madrasah aliyah Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana evaluasi bimbingan konseling dalam pencegahan Bullying di Madrasah aliyah Negeri 2 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan bimbingan konseling, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan konseling dan 3) Mendeskripsikan evaluasi bimbingan konseling dalam pencegahan Bullying di Madrasah aliyah Negeri 2 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang di gunakan adalah: Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan documenter. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Miles dan humberman Yang terdiri dari analisis data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari Penelitian ini yaitu : 1) Perencanaan manajemen bimbingan dan konseling dalam pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 2 jember yang dilakukan meliputi: menetapkan sebuah tujuan kerangka atau rancangan dan rencana bagi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling. Dalam merencanakan program biasanya dilakukan di awal tahun bersamaan dengan orientasi. 2) Pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling dalam pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yaitu dengan menggunakan program harian SOP, pembinaan, sosialisasi, layanan orientasi yang dilaksanakan ketika siswa baru masuk sekolah dalam bentuk pengenalan lingkungan sekolah dan layanan bimbingan kelompok. 3) Evaluasi manajemen bimbingan dan konseling dalam pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yaitu Evaluasi Proses dengan cara memantau siswa melalui wali kelas. Evaluasi Hasil Apa bila melanggar poinnya akan dikurangi sesui ketetapan program Standar Operasional (SOP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Khoiria Nur Lailatul
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:13
Last Modified: 17 Jan 2023 00:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17225

Actions (login required)

View Item View Item