PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI GENERASI Z (iGENERATION), MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA DESA SUKAPURA, KECAMATAN SUKAPURA, KABUPATEN PROBOLINGGO.

Agustin, Nenny Mellynia (2023) PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI GENERASI Z (iGENERATION), MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA DESA SUKAPURA, KECAMATAN SUKAPURA, KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nenny Mellynia Agustin_D20181084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nenny Mellynia Agustin, 2022, Pembentukan Identitas Diri Generasi Z (iGeneration) Melalui Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Kata kunci : Pembentukan Identitas Diri, Generasi Z, Media Sosial Instagram

Penelitian dengan judul Pembentukan Identitas Diri Generasi Z (iGeneration) Melalui Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, yang melatarbelakangi penelitian ini ialah dikarenakan adanya perubahan perilaku yang terjadi pada remaja Generasi Z di Desa Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, setelah mengenal dan menggunakan media sosial Instagram. Hal terebut dipicu dengan remaja Generasi Z yang berbondong-bondong menggunakan Instagram sebagai wadah untuk membangun identitas diri mereka. Aplikasi Instagram juga merupakan salah satu fitur yang marak digemari para remaja karena memiliki banyak fitur menarik didalamnya. Seringnya para remaja Generasi Z mengakses fitur Instagram, menyebabkan mereka mengalami perubahan dari segi sikap, perilaku, bahkan bahasa. Saat ini mereka jarang sekali bahkan sudah hampir tidak pernah menggunakan Bahasa asal mereka (Bahasa Daerah) dan lebih memilih menggunakan Bahasa Gaul (istilah Bahasa kekinian saat ini), bahkan dari cara berpakaian mereka mulai meninggalkan gaya berpakaian secara adat mereka dan memilih berpakaian lebih modern, hal ini mereka lakukan untuk membangun identitas diri pada media sosial Instagram.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Pembentukan Identitas Diri Generasi Z (iGeneration) melalui media sosial Instagram di Kalanga remaja Desa Sukapura ? 2) Faktor apa saja yang mendukung identitas diri para remaja ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pembentukan identitas diri Generasi Z di kalangan remaja menggunakan media sosial instagram 2)memahami faktor pendukung dari pembentukan identitas diri generasi Z menggunakan media sosial instagraam .
Adapun metode yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskirptif menggunakan purposive dengan pendekatan studi fenomologis, yaitu peneliti memilih informan yang sesuai dengan tema judul penelitian, berikut juga menggunakan pendekatan fenomologi untuk menelaah peristiwa dan perubahan yang terjadi pada remaja generasi Z. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) dalam proses pembentukan identitas diri remaja mengalami perubahan sikap, perilaku, dan kebiasaan. 2) faktor pendukung penggunaan media sosial dalam pembentukan identitas diri, berupa teknologi, keluarga, lingkungan sekitar, dan juga tokoh idola yang di jadikan refrensi oleh remaja .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Depositing User: Miss Nenny Mellynia Agustin Nenny
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:45
Last Modified: 16 Jan 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17430

Actions (login required)

View Item View Item