Segmentasi, targeting, dan positioning Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-odiri 1 Jember

Uliya Rohmah, Handayani (2022) Segmentasi, targeting, dan positioning Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-odiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ULIYA Revisi 060123-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Uliya Rohmah Handayani, 2022: Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember.
Kata Kunci: : Segmentasi, Targeting, Positioning.
Pemasaran pada lembaga pendidikan menjadi sesuatu yang mutlak
dilaksanakan. Banyak lembaga yang tidak berkembang bahkan ada juga yang harus
ditutup karena tidak diminati oleh masyarakat. Saat ini semakin banyak lembaga
pendidikan yang menawarkan berbagai program keunggulan yang berkualitas
dengan menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap, bahkan biaya yang relatif
terjangkau. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep yang sesuai
dengan kepentingan, kebutuhan, dan keinginan pengguna jasa. Oleh karena itu,
strategi pemasaran diperlukan untuk memenangkan persaingan antar madrasah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
segmentasi Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember? 2) Bagaimana
targeting Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember? 3)Bagaimana
positioning Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Segmentasi
Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan
Targeting Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember. 3) Untuk
mendeskripsikan Positioning Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi
partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analis datanya dilakukan dari
tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) segmentation Madrasah
Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri 1 jember yaitu menampilkan keunggulan
kompetitif lembaga melalui brosur madrasah, memberikan 5 jaminan kompetensi
yang meliputi bisa membaca Al quran, mampu membaca kitab kuning, 2 bahasa
arab dan inggris, berkarakter islami, tahfidzul quran (progran khusus). Madrasah
juga bekerjasama dengan primagama untuk tes diagnostik. 2) targeting Madrasah
wajib mengamati potensi pertumbuhan pasar, didasarkan dengan keunggulan
lembaga yang mana madrasah mempunyai program PPM (pusat program mingguan
yang terdiri dari debate, drama, pidato, mising lyrics dan madrasah juga memiliki
16 jenis ekstrakulikuler. 3) positioning Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-qodiri
1 jember yakni melalui program intensif yang dilakukan setiap pagi jam 06:00-
07:30 dan sore jam 13:00-16:30. Jadwal intensif tersebut ada amtsilati, al-qur’an,
bahasa arab, bahasa inggris. Madrasah juga menerapkan wajib berbahasa bilingual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Uliya Rohmah Handayani
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:38
Last Modified: 16 Jan 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17447

Actions (login required)

View Item View Item