Ini judul: Peran Wanita Bekerja Dalam Pengasuhan Anak Menurut Perspektif Hukum Keluarga (Studi Kasus Wanita Bekerja PT Milagros Putra Mandiri Desa Kalibaru Kulon Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi)

Yahya, Aurora Talita Damara (2023) Ini judul: Peran Wanita Bekerja Dalam Pengasuhan Anak Menurut Perspektif Hukum Keluarga (Studi Kasus Wanita Bekerja PT Milagros Putra Mandiri Desa Kalibaru Kulon Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aurora Talita Damara Yahya S20181100.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ini Abstrak: Aurora Talita Damara Yahya, 2022 : Peran Wanita Bekerja Dalam Pengasuhan Anak Menurut Perspektif Hukum Keluarga.

Hadhanah merupakan kewajiban bagi orang tua untuk bersama-sama mengasuh dan melindungi anaknya sampai batas umum yang ditetapkan, dalam menjalankan hadhanah perlu adanya kerjasama yang terjalin antara suami dan istri. Wirjono sebagaimana dikutip oleh Zulfa Djoko Basuki pemeliharaan anak meliputi tiga bidang yang harus diberikan kepada anak, yaitu pemeliharaan badan dari segala hal-hal yang memudharatkan bagi anak,pemberian tempat tinggal untuk anak sebagai tempat berteduh dan memberikanp kepada anak sesuai dengan kemampuan dalam artian meskipun seorang tersebut merupakan wanita yang bekerja tidak menjadi alasan bagi untuk meninggalkan tugas dan tanggungjawabnya sebagai orang tua dan perlu adanya kerjasama yang terjalin baik antara suami dan istri.
Adapun fokus penelitian berikut ini: 1) Bagaimana Fenomena Wanita Bekerja PT Milagros Putra Mandiri di desa Kalibaru kulon kecamatan Kalibaru kabupaten Banyuwangi. 2) Bagaimana Pola Pengasuhan Anak Wanita Bekerja PT Milagros Putra Mandiri dalam pengasuhan anak di desa Kalibaru kulon kecamatan Kalibaru kabupaten Banyuwangi menurut perspektif Hukum Keluarga.
Penggunaan metode Empiris untuk penelitian ini, juga dengan penggunaan jenis penelitiannya mengenai judul penelitian yang telah dibuat. Kebanyakan dari penelitian kualitatif atau biasa disebut dengan penelitian lapangan (field research) menghasilkan proses pendeskripsian suatu penelitian yang telah dilakukan dari awal hingga akhir penelitian, oleh peneliti secara langsung. Dengan penggunaan teknik triangulasi berdasarkan sumber yang didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan yang didapatkan adalah 1. Fenomena wanita bekerja PT Milagros Putra Mandiri di Desa Kalibaru Kulon Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi mayoritas ibu-ibu muda kisaran usia 25-40 tahun dengan latar belakang pendidikan SMA dan faktor yang melatarbelakangi mereka untuk bekerja antara lain adalah membantu perekonomian keluarga dikarenakan kondisi pekerjaan suami yang tidak pasti untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga juga peran dan tugas sebagai seorang istri dan ibu masih tidak sesuai dikarenakan persoalan jam kerja. 2. Banyak ditemukan beberapa fakta dilapangkan terkait pola asuh wanita bekerja di PT Milagros Putra Mandiri Desa Kalibaru Kulon Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi dalam pengasuhannya yang tidak sesuai dengan hukum fiqh, undang-undang nomor 1 tahun 1974 maupun kompilasi hukum Islam diantaranya: masih menggunakan pola asuh disertai kekerasan berupa cubitan dan bentakan, sistem keluarga partiaki masih kental dimana mengasuh hanya tanggung jawab istri hingga pada akhirnya anak diasuh oleh lembaga pendidikan terdekat
.
Kata kunci : Hadhanah, Wanita Bekerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Aurora Talita Damara Yahya
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:19
Last Modified: 16 Jan 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item