Implementasi Metode Learning By Doing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalisat Tahun Pelajaran 2021/2022

Agustin Indriani, Aisyah (2022) Implementasi Metode Learning By Doing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalisat Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH AGUSTIN INDRIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning By Doing dan Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam
Model Pembelajaran Learning By Doing adalah pembelajaran berbasis
praktik yang diterapkan karena pasifnya peserta didik yang terbiasa belajar online
akibat pandemi serta daya minat baca yang berkurang. Sehingga harapannya
dengan model ini, peserta didik menjadi lebih aktif, bukan hanya menghafal teori
tetapi juga dpat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam
maupun di luar sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Model
Pembelajaran Learning By Doing dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas VII SMPN 1 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana
Pelaksanaan Model Pembelajaran Learning By Doing dalam Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1 Kalisat Jember Tahun Pelajaran
2021/2022? 3) Bagaimana Evaluasi dari penerapan Model Pembelajaran Learning
By Doing dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1
Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Model
Pembelajaran Learning By Doing dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas VII SMPN 1 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk
Mendeskripsikan Pelaksanaan Model Pembelajaran Learning By Doing dalam
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1 Kalisat Jember Tahun
Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi dari penerapan Model
Pembelajaran Learning By Doing dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas VII SMPN 1 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu
penelitian lapangan (field research) dalam bentuk fenomenologi. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Miles dan Huberman dan
keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dari Implementasi Model Model Pembelajaran Learning By
Doing dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1 Kalisat
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu 1) Perencanaan meliputi, menyiapkan
perangkat pembelajaran dan memilih bahan pelajaran. 2) Pelaksanaan meliputi,
menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi kelompok, membimbing diskusi,
mempresentasikan hasil diskusi. Dan mengevaluasi hasil diskusi. 3) Evaluasi
meliputi, penilaian sikap (self assessment dan peer assessment), penilaian
pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Aisyah Agustin
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:04
Last Modified: 17 Jan 2023 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item View Item