STRATEGI TEKNIK BIMBINGAN SPIRITUAL USTADZ MUHAMMMAD BAIDHAWI HARIS TERHADAP PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DI LOKALISASI GUNUNG SAMPAN DUSUN CANGKRENG DESA KOTAKAN KABUPATEN SITUBONDO

Siri latifah, Ifa (2022) STRATEGI TEKNIK BIMBINGAN SPIRITUAL USTADZ MUHAMMMAD BAIDHAWI HARIS TERHADAP PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DI LOKALISASI GUNUNG SAMPAN DUSUN CANGKRENG DESA KOTAKAN KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SIRI LATIFAH_D20183034.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Siri Latifah, 2022: Strategi Teknik Bimbingan Spiritual Ustadz Muhammad Baidhawi Haris Terhadap Pekerja Seks Komersial di Lokalisasi Gunung Sampan Dusun Cangkreng Desa Kotakan Kabupaten Situbondo

Kata Kunci: Strategi, Bimbingan Spiritual, Pekerja seks komersial

Situbondo selatan tepatnya di Dusun Cangkreng Desa Kotakan Situbondo terdapat tempat prostitusi yang hingga saat ini masih aktif keberadaannya (Gunung Sampan) yang mana hal tersebut sudah sangat jelas dilarang oleh agama maupun negara, juga melanggar Peraturan Daerah No 7 Tahun 2004. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti masih banyak pekerja seks komersial di wilayah Situbondo. sehingga salah satu tokoh agama yang disegani di Situbondo memerintah ustadz Muhammad Baidhawi Haris untuk memberantas penyakit masyarakat tersebut dengan memberikan pembinaan spiritual kepada para PSK.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Strategi teknik bimbingan spiritual ustadz Muhammad Baidhawi Haris terhadap pekerja seks komersial di Lokalisasi Gunung Sampan Cangkreng Kotakan Situbondo? 2). Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi teknik bimbingan Spiritual ustadz Muhammad Baidhawi Haris terhadap pekerja seks komersial di Lokalisasi Gunung Sampan Cangkreng Kotakan Situbondo? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana strategi teknik bimbingan spiritual terhadap pekerja seks komersial di Lokalisasi Gunung Sampan Kotakan Situbondo.2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi teknik bimbingan spiritual Ustadz Muhammad Baidhawi Haris di Lokalisasi Gunung Sampan Kotakan Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1)Strategi bimbingan spiritual ustadz Muhammad Baidhawi Haris diterapkan dalam bentuk dzikiran, ceramah, bermuhasabah diri pengajaran Al-Qur’an bagi masyarakat maupun PSK yang menjadikan mereka untuk terus mendekatkan diri kepada pencipta-Nya agar memperoleh hidayah. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi bimbingan spiritual diantaranya adanya dukungan moril oleh seluruh masyarakat Desa Kotakan, tokoh agama, dan instansi pemerintah. Serta faktor penghambat strategi bimbingan spiritual bagi pekerja seks komersial yaitu faktor internal: keterbatasan waktu yang dimiliki oleh ustadz Muhammad Baidhawi Haris dalam melakukan pembinaan, serta hambatan fisik yang berupa usia. dan faktor eksternal: keterbatasan dana dalam menunjang kegiatan pembinaan, tokoh agama yang belum berani terjun untuk melakukan pembinaan kegamaan menggantikan ustadz Muhammad Baidhawi Haris ketika nanti berhenti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Miss Siri Latifah Ifa
Date Deposited: 14 Jan 2023 05:34
Last Modified: 14 Jan 2023 05:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item View Item