MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS 2 SDN DANDER III BOJONEGORO

Nisa', Khoirun (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS 2 SDN DANDER III BOJONEGORO. Undergraduate thesis, Uin Khas Achmad Suddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Khoirun Nisa' T20184032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Example Non Example, Hasil Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Pendidikan kewarganegaraan adalah salah satu pelajaran yang ada dalam
sekolah tingkat dasar atau madrasah ibtida’iyah. Pemahaman siswa terhadap mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sangatlah penting, karena mata pelajaran
ini menanamkan sifat kebangasaan dan rasa cinta tanah air dalam diri siswa.
Sehubungan dengan latar belakang tersebut di kelas 2 SDN Dander III
Bojonegoro ditemukan nilai hasil belajar mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah
ditetapkan, yaitu 70. Untuk itu diperlukan adanya alternatif bagi siswa dalam
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
melalui penggunaan model pembelajaran example non example.
Adapun fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model
example non example pada siswa kelas 2 SDN Dander III Bojonegoro. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan melalui model example non example pada siswa
kelas 2 SDN Dander III Bojonegoro
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan
Mc Tanggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari
empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta
tahap refleksi, dengan subjek penelitian siswa kelas 2 yang berjumlah 13 siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model example non
example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa kelas 2 SDN Dander III Bojonegoro. Hal ini dapat
dilihat dari peningkatan nilai siswa antara pra siklus dan pasca siklus. Dimana
pada pra siklus skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 47 dengan ketuntasan
belajar 8%. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 65 dengan
ketuntasan belajar 46,15%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh
siswa meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar meningkat 84,61%. Hasil
pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga
dapat disimpulkan bahwa melalui model example non example dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di kelas 2 SDN dander III Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ni Sa Nisa
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:37
Last Modified: 19 Jan 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item