Rizki Fauziyah, Syahadah (2023) DAMPAK PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MTs NEGERI 8 JEMBER DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Syahadah Rizki Fauziyah Fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Syahadah Rizki Fauziyah, 2022: Dampak Prokrastinasi Akademik Siswa MTs
Negeri 8 Jember dalam Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19.
Kata kunci: Dampak Prokrastinasi Akademik, Proses Pembelajaran Tatap Muka
Pasca Pandemi Covid-19
Prokrastinasi akademik adalah menunda-nunda melaksanakan tugas
sekolah. Berdasarkan data yang diperoleh, masih banyak siswa MTs Negeri 8
Jember melakukan prokrastinasi akademik. Sehingga dilakukan penelurusan
mengenai dampak prokrastinasi akademik yang terjadi dalam proses pembelajaran
khususnya pasca pendemi.
Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana dampak prokrastinasi
akademik siswa MTs Negeri 8 Jember dalam pembelajaran tatap muka pasca
pandemi covid-19? 2) Apa penyebab prokrastinasi akademik siswa MTs Negeri 8
Jember dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19?. Tujuan
penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dampak prokrastinasi akademik siswa
MTs Negeri 8 Jember dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19.
2) Untuk mengetahui penyebab prokrastinasi akademik siswa MTs Negeri 8
Jember dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19.
Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan
untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Dampak prokrastinasi akademik beragam
dengan adanya penemuan dampak dalam penelitian di MTs Negeri 8 Jember,
yaitu penundaan melaksanakan tugas-tugas akademik, kelembaban dan
keterlambatan yang dilakukan dalam mengerjakan tugas-tugas akademik,
kesenjangan waktu antara kinerja nyata dengan kegiatan lain yang
menyenangkan. Prokrastinasi akademik ini juga berdampak akan prestasi
akademik rendah siswa yang rendah, tingkat ketidakhadiran tinggi, tingkat malas
tinggi dan putus sekolah. (2) Prokrastinasi akademik sering kali dilakukan
kalangan siswa, baik sebelum masa pendemi terjadi maupun pasca pendemi
berakhir. Prokrastinasi akademik menjadi salah satu masalah dalam proses
pembelajaran dan juga masalah bagi siswa itu sendiri. Penyebab prokrastinasi
yang terjadi di MTs Negeri 8 Jember adalah karena faktor Internal seperti kondisi
fisik individu dan kondisi psikologis individu, sedangkan faktor ekternal berupa
pola asuh orang tua dan kondisi lingkungan yang kurang pengawasan akan
membentuk prokrastinasi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Depositing User: | Ny. Syahadah Rizki Fauziyah |
Date Deposited: | 14 Jan 2023 05:27 |
Last Modified: | 14 Jan 2023 05:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17538 |
Actions (login required)
View Item |