Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Darul Furqon Banyuwangi Tahun 2022

Wardani, Yulia Kusuma (2023) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Darul Furqon Banyuwangi Tahun 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulia Kusuma Wardani_T20151363.pdf

Download (3MB)

Abstract

Membentuk Karakter Disiplin peserta didik merupakan salah satu nilai dari pendidikan karakter yang digunakan oleh guru program Tahfidzul di Pondok Pesantren Darul Furqon Banyuwangi. Adapun pembentukan yang dilakukan guru program Tahfidzul Quran yaitu disiplin datang tepat waktu, disiplin setoran hafalan, disiplin membawa Quran secara pribadi. Selain itu, guru menggunakan reward dan punishment untuk memotivasi hafalan siswa di sekolah.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin dalam menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Furqon Banyuwangi Tahun 2022? 2) Bagaimana upaya guru dalam mengevaluasi nilai-nilai karakter disiplin dalam menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Furqon Banyuwangi Tahun 2022? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin dalam menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Furqon Banyuwangi Tahun2022 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengevaluasi nilai-nilai karakter disiplin dalam menghafal Al-Qur’an Santri di pondok pesantren Darul Furqon Banyuwangi Tahun2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan: Pertama, upaya guru program tahfidzul quran di pondok pesantren Darul Furqon Banyuwangi diantaranya meliputi (1) peran guru sebagai model dan teladan, hal ini dapat dibuktikan dengan guru datang tepat waktu ke sekolah sebelum pukul 07.00 WIB, (2) peran guru sebagai motivator, hal ini dibuktikan dengan guru memberikan tropi kepada siswa yang hafal 2 Juz Al-Quran sehingga siswa termotivasi menambah hafalan, (3) peran guru sebagai mediator dan fasilitator, hal ini dibuktikan dengan guru mendisiplinkan siswa membawa quran secara pribadi, membawa buku setoran hafalan. Kedua, hasil dari pelaksanaan penanaman karakter disiplin yang dilakukan terhadap santri pondok pesantren Darul Furqon Banyuwangi yaitu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dapat dikatakan bahwa sudah banyak santri yang mulai menerapkan kedisiplinan dalam proses menghafal Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Kusuma Wardani
Date Deposited: 14 Jan 2023 07:48
Last Modified: 14 Jan 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17543

Actions (login required)

View Item View Item