Arifin, Zaenal (2023) Penerapan Bimbingan Konseling Eksistensial Humanistik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa-siswi PP Darsul Bihar Puger Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Zaenal Arifin_D20183018.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan tempat proses pembelajaran antara pengasuh, ibu nyai, ustadz, ustadzah dan santri di mana hubungan tersebut menjadi upaya bimbingan dari kiai, ibu nyai dan ustadz/ustadzah yang bertujuan untuk membentuk motivasi belajar pada santri agar kelak santri mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan serta menjadi pribadi dewasa yang utuh, salah satunya dengan teknik eksistensial humanistik .
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bimbingan konseling eksistensial humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi PP Darsul Bihar Puger Jember? 2) Bagaimana hasil bimbingan konseling eksistensial humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi PP Darsul Bihar Puger Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses bimbingan konseling eksistensial humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi PP Darsul Bihar Puger Jember 2) mengetahui hasil penerapan bimbingan konseling eksistensial humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi PP Darsul Bihar Puger Jember
Untuk mengetahui permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian langsung dilapangan. Subjek penelitian ini ditentukan melalui purposive sumpling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan peneliti menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan: 1) Penerapan bimbingan konseling eksistensial humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dilaksanakan tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama, fokus untuk membangun kesadaran diri. Pertemuan kedua, fokus untuk membangun pemahaman kebebasan diri dalam belajar. Ketiga membangun pemahaman tanggung jawab atas proses belajarnya. 2) Hasil penerapan bimbingan konseling eksistensial humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yakni konseli dapat memahami kesadaran diri dalam belajar. Kedua, dapat memahami kebebasan diri dalam pilihan belajarnya. Ketiga, memahami tanggung jawab dalam belajarnya sehingga siswa dapat memiliki semangat belajar kedepannya.
Kata kunci: Bimbingan Konseling, Eksistensial Humanistik, Semangat Belajar, Siswa-siswi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169905 Studies of Pacific Peoples' Societies 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Moh. Zaenal Arifin |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 03:49 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 03:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17548 |
Actions (login required)
View Item |