PENERAPAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN 2016/2017

MASRUROTUL HOLISOH, 084121319 (2016) PENERAPAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Masrurotul Holisoh, 2016: Penerapan Program Ekstrakurikuler Keagamaan di
SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017.

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pedidikan di luar mata pelajaran
dan pelayanan konseling untuk membantu mengembangkan peserta didik sesuai
dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara
khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau ketenaga pendidikan yang
berkemampuan dan berwenang di sekolah.
Fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
penerapan tilawah al-Quran di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. (2).
Bagaimana penerapan pelatihan perorangan dan jamaah di SMP Negeri 1 Jember
Tahun 2016/2017.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan tilawah
al-Quran di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. (2). Untuk mendeskripsikan
penerapan pelatihan ibadah perorangan dan jamaah di SMP Negeri 1 Jember
Tahun 2016/2017.
Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan
purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknikdan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: (1). Penerapan tilawah al-Quran melalui program
ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017 mendapat
perhatian yang besar dari para guru khususnya guru pembina kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan, karena dengan menerapkan tilawah al-Quran akan
mampu membiasakan anak membaca al-Quran sesuai dengan kaidah. Perencanaan
dalam tilawah al-Quran adalah pembina merencanakan apa saja yang akan
dilakukan pada tiap-tiap tatap muka. Agar kegiatan lebih terarah. Pelaksanaannya
pembina membuka kegiatan dengan membaca al-Quran bersama dan setelah itu
pembina menyimak bacaan siswa dan yang terakhir yaitu penjelasan tajwid.
Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu menyimak siswa secara langsung satupersatu,

agar pembina mengetahui perkembangan siswa tersebut.(2). Penerapan
pelatihan ibadah perorangan dan jamaah melalui program ekstrakurikuler
keagamaan di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. Guru mengajak siswa
untuk selalu membiasakan shalat berjama’ah dan memberikan penjelasan
seberapa besar pahala untuk shalat berjama’ah itu agar siswa terbiasa dalam
sehari-harinya dan hasilnya dapat dilihat ketika shalat dimusholla. Perencanaan
dalam kegiatan ibadah perorangan dan jamaah adalah pembina harus
memperhatikaan bacaan shalat dan gerakan shalat. Pelaksanaan kegiatan shalat.
Siswa praktek bersama dalam kegiatan tersebut. Bentuk evaluasinya yaitu menilai
bagaimana bacaan dan gerakan siswa pada kegiatan praktek shalat

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: RELIGI
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:19
Last Modified: 31 Oct 2017 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item