Manajemen Kesiswaan dalam Pembinaan Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember

Pratiwi, Anggi Hesti (2023) Manajemen Kesiswaan dalam Pembinaan Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anggi Hesti Pratiwi_T20183157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Disiplin belajar siswa adalah satu kunci yang dapat mewujudkan suasana belajar menjadi kondusif dan optimal. Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, guna mencapai tujuan yang telah diprogramkan, maka diperlukan manajeman yang dikelola secara menyeluruh dan profesional. Terlebih lagi, di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember, yang mana pendidikannya memiliki konsep boarding school yaitu seluruh siswa harus tinggal di asrama pondok pesantren. Sehingga, disiplin ini haruslah ditanamkan secara terus menerus kepada peserta didik agar terinternalisasi pada diri peserta didik. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji secara lebih mendalam mengenai pembinaan disiplin peserta didik di sekolah dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Pembinaan Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember”.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1.) Apa perencanaan manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember?, 2.) Apa implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember?, 3.) Bagaimana evaluasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan evaluasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif \deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data dengan alur (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Kemudian untuk keabsahan data terdiri dari dua yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Bentuk perencanaan manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik, yaitu menetapkan peraturan, melakukan rapat koordinasi, muncullah usulan atau ide, terbitlah buku tata tertib yang diresmikan oleh kepala madrasah. 2) Bentuk implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik, yaitu melakukan sosialisasi kepada seluruh siswa dan kepada orang tua atau wali murid, kemudian sosialisasi dan rapat evaluasi setiap tahun. 3) Bentuk evaluasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan disiplin peserta didik yaitu melakukan tindak langsung ke lapangan untuk mengontrol, mengawasi, mengadakan rapat bersama dan melakukan evaluasi mengenai kekurangan dan kelebihan setiap program yang dijalankan
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Pembinaan Disiplin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anggi Hesti Pratiwi
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:17
Last Modified: 16 Jan 2023 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item View Item