Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok A di TK Mutiara Hati Sempu Tahun Pelajaran 2021-2022

Farida, Nikky (2022) Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok A di TK Mutiara Hati Sempu Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DESEMBER 2022 NIKKY NUR FARIDA T20185030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter merupakan nilai terpuji yang harus
ditanamkan sejak dini. Dalam penanaman nilai karakter ini perlu adanya
metode untuk membantu keefektifan dalam pembelajaran. Guru TK A
Mutiara Hati Sempu menggunakan metode mendongeng dalam
menyampaikan materi pembelajaran. Sedangkan alat bantu atau media yang
digunakan adalah Boneka Tangan.
Fokus penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter religius? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter kejujuran? (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter tanggung jawab melalui mendongeng dengan media
boneka tangan pada kelompok A di TK Mutiara Hati sempu?
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter religius. (2) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter kejujuran. (3) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter tanggung jawab melalui mendongeng dengan media
boneka tangan pada kelompok A di TK Mutiara Hati sempu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian menggunakan studi kasus dan teknik penentuan subyek
menggunakan purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model
teknik interaktif Miles dan Huberman, meliputi: Pengumpulan data,
Kondensasi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Adapun
keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi
Teknik.
Hasil Penelitian ini yaitu: (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter
religius, yaitu menjadikan guru sebagai role modele untuk peserta didik, dan
penerapan mendongeng sangat berpengaruh bagi siswa seperti halnya
mengucapkan salam ketika masuk kelas dan membaca do’a sebelum belajar.
(2) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kejujuran, yaitu guru
memberikan pembiasaan yang mencerminkan nilai jujur seperti tidak
mengambil hak milik temannya dan minta izin ketika meminjam barang. (3)
Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tanggung jawab melalui
mendongeng dengan media boneka tangan pada kelompok A di TK Mutiara
Hati Sempu, yaitu guru harus mahir dalam menerapkan metode mendongeng,
rutin memberikan contoh yang menunjukkan rasa tanggung jawab seperti
membuang sampah pada tempatnya dan memakai seragam ketika disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nikky Nikky nur farida Nikky
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:03
Last Modified: 16 Jan 2023 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17619

Actions (login required)

View Item View Item