TRADISI PEMBACAAN DZIKIR HASBUNALLAH WANI'MAL WAKIL DI PONDOK PESANTREN MAMBA'UL HUDA KRASAK TEGALSARI BANYUWANGI (STUDI LIVING HADIS)

Akhmad, Irfan Afandi (2023) TRADISI PEMBACAAN DZIKIR HASBUNALLAH WANI'MAL WAKIL DI PONDOK PESANTREN MAMBA'UL HUDA KRASAK TEGALSARI BANYUWANGI (STUDI LIVING HADIS). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi Sekripsi Irfan WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Akhmad Irfan Afandi, 2023: TRADISI PEMBACAAN DZIKIR HASBUNALLAH WANI’MAL WAKIL DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HUDA KRASAK TEGALSARI BANYUWANGI (Studi Living Hais)
Tradisi Pembacaan Hasbunallah Wani’mal Wakil merupakan tradisi yang setiap ba’da subuh dilaksanakan di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda. Tradisi ini merupakan tradisi living hadits lisan. Dengan hadirnya tradisi pembacaan Hasbunallah Wani’mal Wakil ini yang merupakan bentuk ikhtiyar santri, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut terkait proses, waktu, jumlah serta motif dalam pembacaan Hasbunallah Wani’mal Waqil sehingga peneliti mengangkat judul “Tradisi Pembacaan Hasbunallah Wani’mal Wakil Setiap Ba’da Subuh di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari (Studi Living Hadits).
Adapun rumusan masalahnya antara lain: 1). Bagaimana proses pelaksanaan tradisi pembacaan Hasbunallah Wani’mal Wakil di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari? 2). Bagaimana motif Kyai Khozin Majid melaksanakan tradisi pembacaan Hasbunallah Wani’mal Wakil di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari?
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara: 1). Observasi. 2). Wawancara kepada para subyek penelitian. 3). Dokumentasi. 4). Analisis data.
Hasil Penelitian Menujukkan bahwasannya : 1). Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil merupakan salah satu amalan yang dilakukan oleh keluarga besar pondok pesantren Mamba’ul Huda pelaksanaan nya yaitu dibaca stiap ba’da subuh Diawali Tawassul, Al-fatihah, Hasbunallah Wani’mal Wakil dan di akhiri dengan do’a yang bertujuan untuk riyadhoh kepada Allah SWT. Juga untuk bersyiar kepada masyarakat luas upaya mengenalkan budaya pondok pesantren yang positif. 2). Aadapun Motif dan tujuan Kyai Khozin ialah; Pertama Mendirikan Pondok Pesantren. Kedua Untuk Mengembangkan Pondok Pesantren. , Ketiga, Edukasi. Hal ini selaras dengan teori max weber tentang tindakan sosial. Max Weber mengutarakan dalam masyarakat terdapat keadaan sosial dan pranata sosial. Dikatakan bahwa keadaan sosial dan pranata sosial merupakan dua konsep yang saling berkaitan dalam membentuk tindakan sosial.
Kunci : Dzikir, Hasbunallah Wani’mal Wakil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: AKHMAD IRFAN AFANDI
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:54
Last Modified: 17 Jan 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17761

Actions (login required)

View Item View Item