Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nuris Jember tahun Pelajaran 2020/2021

Sholihah, Dina (2022) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nuris Jember tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DINA WAKHIDATUS SHOLIHAH_T20179077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dina Wakhidatus Sholihah, 2022: Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021
Kata Kunci : lingkungan sekolah, motivasi belajar.
Lingkungan sekolah mempunyai peran yang penting bagi peserta didik dalam mencapai prestasi belajarnya. Semakin baik lingkungan yang terdapat di suatu sekolah maka semakin memotivasi belajar peserta didik untuk belajar lebih giat dalam meraih prestasi. Pada dasarnya motivasi belajar peserta didik berbeda-beda, hal ini beberapa diantaranya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, keadaan gedung sekolah, kurikulum, dan kedisiplinan. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nuris Jember.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nuris Jember ?
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nuris Jember tahun pelajaran 2020-2021.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Produk Moment. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Proportional Random Sampling artinya pengambilan sampel dengan cara acak yang pada penelitian ini terdapat 28 sampel yang diambil dari siswa kelas VIII.
Hasil Penelitian yang telah dilakukan dengan didasarkan pada analisis data Korelasi Produk Moment bahwa (0,400 > 0,374) atau “r” hitung sebesar 0,400 lebih besar dari “r” tabel yaitu 0,374 pada taraf signifikansi 0,05 (5%). Oleh karna itu dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka artinya ada pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MTs Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dina Wakhidatus Sholihah
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:32
Last Modified: 17 Jan 2023 04:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item