Hasanah, Uswatun (2022) Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Kebun Sanggar Bermain Di Desa Krajan Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
USWATUN HASANAH WATERMARK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya masyarakat
yang telah mengabaikan pembinaan akidah, syariah dan akhlak, padahal masalah
ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab nilai-nilai yang menjadi sorotan dalam
kehidupan bermasyarakat dan menyebabkan baik dan buruknya suatu masyarakat
adalah tergantung bagaimana akhlaknya, dan akhlak merupakan kunci perubahan
individu, sosial atau kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Dan madrasah
menjadi salah satu lembaga yang berperan penting dalam penerapan akidah,
syariah dan akhlak yang baik pada peserta didik.
Didasarkan oleh hal tersebut peneliti tertarik untuk melaksanakan
penelitian mengenai Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Kebun Sanggar Bermain
Di Desa Krajan Mumbulsari Jember Pertanyaan penelitian ini adalah (1)
Bagaimana Penanaman Nilai Aqidah Pada Kebun Sanggar Bermain Di Desa
Krajan Mumbulsari Jember (2) Bagaimana Penanaman Nilai Akhlak Pada Kebun
Sanggar Bermain Di Desa Krajan Mumbulsari Jember (3) Bagaimana Penanaman
Nilai Syari’ah Pada Kebun Sanggar Bermain Di Desa Krajan Mumbulsari Jember.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendiskripsikan
Penanaman Nilai-Nilai Akidah Pada Kebun Sanggar Bermain (2) Untuk
Mendiskripsikan Penerapan Nilai-Nilai Syariah Pada Kebun Sanggar Bermain (3)
Untuk Mendiskripsikan Penerapan Nilai-Nilai Akhlak Pada Kebun Sanggar
bermain.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian Untuk
memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi
dandokumentasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapannilainilaiakidah di Kebun Sanggar Bermain yaitu melalui sikap khauf (takut kepada
Allah), mengamalkan kandungan Al-Qur‟an dalam kehidupan sehari-hari, shalat
berjamaah secaratertib dan tepat waktu dan memiliki keimanan yang kuat. (2)
Penerapan nilai-nilai syariah yaitu shalat Berjama’ah, untuk menghidupkan
sunnah-sunnah Rasulullah, shalat Jumat berjamaah yang merupakan suatu
kewajiban bagi muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal, tadarus AlQur‟an, agar peserta didik senantiasa memiliki aktivitas positif, muamalah
(koperasi pelajar) yang bertujuan dari santri, untuk santri dan kepada santri, yaitu
manfaat dari jual beli yang dilakukan peserta didik akan kembali kepada peserta
didik. (3) Penerapan nilai- nilai akhlak yaitu beriman dan bertaqwa kepada Allah
SWT, mencintai Rasulullah dengan bersholawat, menghormati kedua orang tua,
dengan cara mematuhi perintah kedua orang tua dan memuliakan kedua orang tua,
menghormati guru, baik terhadap teman, rukun dengan tetangga, menjaga dan
melestarikan ekosistem lingkungan di sekitar madrasa
Kata Kunci:Penanaman Nilai-Nilai Islam Dan Kebun Sanggar Bermain
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mis Hasanah Uswatun |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:53 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17825 |
Actions (login required)
View Item |