Neni, Herawati (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH PADA KELAS VB MIN 1 JEMBRANA BALI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NENI HERAWATI_T20184010.pdf Download (4MB) |
Abstract
Neni Herawati, 2022: “Penerapan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VB MIN 1 Jembrana Bali”
Kata Kunci: Multiple Intelligence, Keaktifan Belajar, Fiqih
Bisa dikatakan bahwa manusia adalah makhluk paedagogik yakni makhluk Allah yang dilahirkan membawa potensi dapat di didik dan dapat mendidik, Sebagai pengajar pendidik dituntut senantiasa mengembangkan cara mengajarnya yang membuat peserta didik tertarik dan berminat untuk mempelajari pelajaran yang diberikan. Dengan demikian, pendidik menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran, Pendidik juga mempunyai andil yang cukup besar untuk meningkatkan minat peserta didik supaya peserta didik
ketika mengikuti pelajaran yang diampu oleh seorang pendidik. Khususnya mata pelajaran fiqih guru harus memperhatikan strategi yang baik untuk mengajar di
dalam kelas, dan salah satu strategi yang biasa digunakan adalah pembelajaran berbasis Multiple Intellingences, dimana pembelajaran berbasis multiple intelligence ini jika .diterapkan dengan baik dapat meningkatkan keaktifan belajar
siswa.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran fiqih pada kelas VB MIN 1 Jembrana Bali. (2) Bagaimana peningkatan
keaktifan belajar siswa mata pelajaran fiqih berbasis multiple intelligence pada kelas VB MIN 1 Jembrana Bali.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran fiqih pada kelas VB MIN 1 Jembrana Bali.
(2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa mata pelajaran fiqih berbasis multiple intelligence pada kelas VB MIN 1 Jembrana Bali.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui beberapa siklus, pada tiap siklus yang dilakukan akan dianalisis hasil penelitian yang telah dilakukan untuk kemudian diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya sampai tujuan dari penelitian yang direncanakan tercapai.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) dalam penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligence telah dilaksanakan beberapa tahapan yakni melalui persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. (2) pada saat observasi awal ke siklus I mengalami kenaikan rerata sebesar 25,7%, kemudian rerata dari siklus I (51,06%) ke siklus II menjadi (55,50%), jadi kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,44%. Dari siklus II (55,50%) ke siklus III menjadi (82,99%), jadi mengalami kenaikan sebesar 27,49%. Dapat dilihat bahwa data tersebut menunjukkan ada pengaruh yang di dapat dalam menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran fiqih kelas VB MIN 1 Jembrana Bali.
Actions (login required)
View Item |