Transformasi Pengelolaan Wakaf Digital Pada Praktik Aplikasi Alyasiniqu

aqilurrachman, vickri (2023) Transformasi Pengelolaan Wakaf Digital Pada Praktik Aplikasi Alyasiniqu. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VICKRI AQILURRACHMAN_S20182008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Transformasi,Wakaf Digital,Alyasiniqu

Alyasiniqu merupakan sebuah aplikasi yang terfokus pada bidang muamalah ibadah dan sosial, layanan berbentuk mobile yang menjadikan kemudahan dalam mengakses dan menggunakannya. Platform ini menawarkan berbagai layanan seperti saldo untuk santri di ponpes alYasini, pulsa, token listrik, wakaf, sodaqoh dan layanan muslim lainnya.
Focus penelitian terdapat pada bagaimana tata cara wakaf digital yang ada pada aplikasi Alyasiniqu selanjutnya bagaimana bentuk transformasi wakaf konvensional menuju wakaf digital dan bagaimana hukum wakaf digital pad aplikasi Alyasiniqu
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan jenis penelitiannya menggunakan pendekatan sosiologis yang meliputi wawancara, dengan berbagai informasi tertulis tentang mekanisme wakaf digital, bentuk transaksi, bentuk pengolaan dan transformasi wakaf dari cara konvensional menuju cara digital pada aplikasi Alyasiniqu dan apakah sistem yang ada pada aplikasi Alyasiniqu sendiri sudah sesuai dengan ketentuan hukum indonesia, Teknik yang digunakan oleh penulis berupa wawancara secara langsung dan online serta studi kepustakaan.
Pada penelitian ini memiliki beberapa fokus penelitian sebagai berikut:
1. Bagaimana sistem tata kelola wakaf digital pada aplikasi Alyasiniqu?
2. Bagaimana dasar hukum wakaf digital dan Apakah sistem tata kelola wakaf digital pada aplikasi Alyasiniqu sudah sesuai dengan peraturan di indonesia?
Hasil dari penelitian dari judul Transformasi Wakaf Digital Pada Praktik Aplikasi Alyasiniqu adalah wakaf secara umum sudah banyak perkembangan di zaman sekarang khusunya pada proses transaksi atau akad yang dilakukan terdapat sedikit perubahan dan kemudahan di dalamnya, namun hal tersebut harus di kaji lebih dalam lagi oleh wakif maupun nadzhir mengenai kesesuaian atau kecocokan dengan hukum yang ada, dalam penelitian ini penulis menggunakan dasar Undang Undang No 41 Tahun 2004 dan Kompilasi Hukum Islam sebagai dasar hukum penelitian, dan menemukan ada sedikit ketidak cocokan terutama dengan Undang Undang No 41 Tahun 2004 sendiri yang tentunya perlu pengembangan dari sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012715 al-Waqf
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Vickri Aqilur Rachman
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:07
Last Modified: 24 Jan 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item