Mubarok, Achmad Arif (2018) Implementasi Pengelolaan Sistem Poin Dalam Bimbingan Konseling Pada Siswa Di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ACHMAD ARIF MUBAROK_ 084143056.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kenakalan remaja yang semakin meninggi terutama di lingkungan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember yang banyak melanggar tatatertib sekolah, dari banyaknya siswa yang melanggar tatatertib sekolah menuntut sekolah untuk memberikan hukuman atau sebuah peringatan bagi si pelanggar. Maka dari itu sekolah menerapkan sistem poin yang dipadukan dalam bimbingan konseling untuk menghindari kekerasan fisik dan hukuman lain yang tidak mendidik. Dari uraian diatas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan sistem poin dalam bimbingan konseling pada siswa di MTsN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018, (2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan sistem poin dalam bimbingan konseling pada siswa di MTsN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) Bagaimana evaluasi pengelolaan sistem poin dalam bimbingan konseling pada siswa di MTsN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Tiga fokus penelitian tersebut sekaligus mrnjawab tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara semiterstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumenter. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan dalam analisis data adalah mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan, (1) Perencanaan pengelolaan sistem poin dalam bimbingan konseling meliputi penyusunan RT2S, pengajuan RT2S, pengesahan RT2S, dan sosialisasi tata tertib siswa (T2S) dan bobot poin siswa. (2) Pelaksanaan pengelolaan sistem poin dalam bimbingan konseling menggunakan cara himpunan data yang dipadukan dengan layanan bimbingan, layanan yang diberikan meliputi: layanan bimbingan individu, layanan bimbingan kelompok, dan layanan bimbingan keluarga. Dan (3) Evaluasi pengelolaan sistem poin dalam bimbingan konseling ada tiga cara yaitu: Pertama, mengklarifikasikan jenis pelanggaran menjadi tiga bagian yaitu: pelanggaran ringan, pelanggaran sedang, dan pelanggaran berat. Kedua, penginputan nilai dari guru mata pelajaran. Ketiga, mengadakan rapat kenaikan kelas dan memadukan nilai raport dengan hasil poin yang diperoleh oleh siswa-siswi dalam mematuhi tata tertib Lembaga MTsN 2 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Cindy Magang |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 08:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18074 |
Actions (login required)
View Item |