Strategi Guru dalam Menerapkan Materi Pendidikan Agama Islam pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Samala Nerugrasa Lumajang

Khodijah, Siti (2020) Strategi Guru dalam Menerapkan Materi Pendidikan Agama Islam pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Samala Nerugrasa Lumajang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Siti Khodijah_T20161143.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : strategi guru, materi pendidikan agama Islam, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Sekolah Luar Biasa ataupun lembaga pendidikan yang tepat akan menunjang perkembangan dan kemampuan anak untuk mandiri dan mengoptimalkan prestasi mereka. Lembaga pendidikan formal maupun informal bagi mereka pada dasarnya diperlukan secara mutlak. Oleh karena itu dengan uraian diatas maka pendidikan bagi anak Attetntion Deficit Hyperactivy Disorder (ADHD) sangatlah penting. Selain itu strategi guru dalam menerapkan materi pendidikan agama Islam sangat menarik untuk diperhatikan dan dipelajari lebih lanjut. Fokus penelitian : 1) Bagaimana strategi guru dalam menerapkan materi akidah pada anak attention deficit hyperactivity disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang? 2)Bagaimana strategi guru dalam menerapkan materi syariah pada anak attention deficit hyperactivity disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang? 3)Bagaimana strategi guru dalam menerapkan materi akhlak pada anak attention deficit hyperactivity disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang? Tujuan penelitian : 1)Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan nilai akidah pada anak attention deficit hyperactivity disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang. 2)Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan nilai syariah pada anak attention deficit hyperactivity disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang. 3)Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan nilai akhlak pada anak attention deficit hyperactivity disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang. Pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini field research. Peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara semi-struktur dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data adalah sebagai berikut : kondensasi data, data display (penyajian data) dan conclusing drawing/ verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Dari anaisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1)Strategi Guru dalam Menerapkan Materi Akidah pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang menggunakan strategi ceramah dengan cara menjelaskan kepada anak - anak dengan lisan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, singkat dan jelas sambil mengenalkan ciptaan Allah yang ada di sekitar. 2)Strategi Guru dalam Menerapkan Materi Syariat pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang.Strategi yang digunakan guru adalah strategi demontrasi. Yang dimaksud strategi demontrasi adalah menjelaskan sambil mempraktekkan materi yang bertujuan untuk membantu anak- anak dalam memahami suatu materi. 3)Strategi Guru dalam Menerapkan Materi Akhlak pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di SLB Samala Nerugrasa Lumajang. Strategi yang digunakan oleh guru dengan cara menjelaskan secara lisan dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari- hari yang setiap hari dilakukan agar mudah untuk difahami anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:45
Last Modified: 13 Apr 2021 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item