Manajemen konflik Sebagai Upaya Dalam Membangun Relasi Antara Kepala Sekolah Dengan Guru dan Tenaga Kependidikan Di MTs Raden Rahmat Umbulsari Jember

Haris, Ahmad Rico Haniful (2018) Manajemen konflik Sebagai Upaya Dalam Membangun Relasi Antara Kepala Sekolah Dengan Guru dan Tenaga Kependidikan Di MTs Raden Rahmat Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Rico Haniful Haris _084 133 053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konflik merupakan salah satu esensi dari kehidupan dan perkembangan manusia yang mempunyai karakteristik yang beragam. Manusia memiliki perbedaan jenis kelamin, strata sosial dan ekonomi, sistem hukum, bangsa, suku, agama, kepercayaan, aliran politik, serta budaya dan tujuan hidup. Dalam sejarah umat manusia, perbedaan itulah yang selalu menimbulkan konflik. Konflik juga tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan. Bahkan sepanjang kehidupan, manusia senantiasa dihadapkan dan bergelut dengan konflik. Demikian halnya dengan kehidupan organisasi. Anggota organisasi senantiasa dihadapkan pada konflik. Perubahan atau inovasi baru sangat rentan menimbulkan konflik (destruktif), apalagi jika tidak disertai pemahaman yang memadai terhadap ide-ide yang berkembang. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa jenis-jenis konflik dalam membangun relasi antara kepala sekolah dengan guru dan tenaga kependidikan di MTs Raden Rahmat Umbulsari Jember ? 2) Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya konflik dalam membangun relasi antara kepala sekolah dengan guru dan tenaga kependidikan di MTs Raden Rahmat Umbulsari Jember ? 3) Bagaimana pemecahan konflik atau solusi dalam membangun relasi antara kepala sekolah dengan guru dan tenaga kependidikan di MTs Raden Rahmat Umbulsari Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan jenis-jenis, faktor-faktor, dan resolusi/pemecahan konflik dalam membangun relasi antara kepala sekolah dengan guru dan tenaga kependidikan di MTs Raden Rahmat Umbulsari Jember. Untuk mengidedntifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menganalisis manajemen konflik terhadap relasi antara kepala sekolah dengan guru dan tenaga kependidikan di MTs Raden Rahmat. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Peneliti ini memperoleh kesimpulan : 1.Jenis konflik yang terjadi adalah konflik personal yang mana konflik yang terjadi dalam diri seorang individu karena harus memilih dari jumlah alternatif pilihan yang ada atau karena mempunyai kepribadian ganda dan konflik ini termasuk konflik personal pendekatan ke pendekatan yakni Konflik yang terjadi karena harus memilih dua alternatif yang berbeda, tetapi sama-sama menarik atau sama baik kualitasnya. 2. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya konflik adalah Urusan pribadi yang menumpuk dan terbawa ke sekolah dan Kesalah fahaman antar individu yang mempunya sudut pandang yang berbeda. 3. pemecahan yang terjadi dengan Menganalisa konflik yang terjadi dengan menggali informasi kepada beberapa guru lalu mencoba untuk menyimpulkan sementara, dan bermusyawarah pada evaluasi bulanan salah satu wadah dalam menyelesaikan konflik atau masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:47
Last Modified: 26 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18115

Actions (login required)

View Item View Item