Afifi, Fuad Ahmad (2019) Implementasi Metode Jarimatika Pada Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV MI Kahasri Kelurahan Jati Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Fuad Afifi_T20154071.pdf Download (35MB) |
Abstract
MI Kahasri merupakan MI swasta di bawah naungan lembaga pendidikan
Ma’arif NU. Penerimaan siswa baru di MI Kahasri dilaksanakan setelah proses
penerimaan siswa baru di SD Negeri sekitar MI Kahasri, sehingga input siswa di
MI Kahasri tersebut memiliki kemampuan di bawah standart, khususnya dalam
hal membaca dan berhitung. Oleh karena itu guru perlu memberikan setimulus
berupa metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar
berhitung. Metode yang dilakukan guru adalah metode jarimatika.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana
implementasi metode jarimatika dalam pembelajaran matematika yang dapat
meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV MI Kahasri kelurahan Jati
kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana kemampuan
berhitung siswa kelas IV di MI Kahasri kelurahan Jati kota Probolinggo tahun
pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan
implementasi metode jarimatika dalam pembelajaran matematika yang dapat
meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV di MI Kahasri kelurahan Jati
kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020 2) Untuk mendeskripsikan
kemampuan berhitung peserta didik kelas IV di MI Kahasri kelurahan Jati kota
Probolinggo tahun ajaran 2019/2020.
Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan
subjek penelitian mengguanakan purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam mengimplementasikan
metode jarimatika guru menyebutkan benda-benda konkret yang ada disekitar
kelas atau yang ada di diri siswa. Jadi guru memberikan contoh kancing baju
siswa yang jumlahnya 5,6,7 dan 8 setelah itu guru memberikan contoh perkalian
7x6,cara implementasi metode jarimatika 7 x 6, a) Jari kiri (7) tutup jempol dan
telunjuk, sedangkan jari yang lain berdiri b) jari kanan (6) tutup ibu jari,
sedangkan jari yang lain berdiri. c) Jari kanan dan kiri yang tertutup jumlahkan,
2+1=3 (puluhan) jari yang kanan dan kiri yang berdiri kalikan 3x4=12 sehingga
30+12=42, jadi 7x6=42 2) Siswa masih kurang dalam menyelesaikan soal terlihat
dari hasil pekerjaan siswa masih kurang tepat jawabnya.Terlihat dari nilai siswa
masih banyak nilainya dibawah KKM dan masih terlihat dibawah rata-rata 46.
Setelah melihat hasil evaluasi bahwa siswa betul-betul mampu membuat soal yang
berkaitan dengan perkalian dan mempu menyelesaikan dengan baik dan terlihat
dari nilai siswa hampir semua di atas KKM serta rata-rata nilai siswa 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Cindy Magang |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 04:13 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 04:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18129 |
Actions (login required)
View Item |