Elvin, Novia (2018) Implementasi Pengembangan Budaya Sekolah Melalui Program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Elvin Novia_084134047.pdf Download (4MB) |
Abstract
Implementasi pengembangan budaya sekolah yaitu mengembangkan budaya organisasi disekolah. terutama yang berkaitan budaya yang mengutamakan nilai- nilai ajaran agama di sekolah, karena itu sangatlah diperlukan untuk mewujudkan pribadi manusia khususnya peserta didik agar tercipta generasi muda yang religius dan taat pada agamanya salah satunya dengan melalui program S3Q (salam, silaturrahim, sholat jama’ah,Qurani) Di MAN Bondowoso dengan tujuan ingin memberikan layanan dengan sesuai syariat Islam. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengembangan budaya sekolah melalui program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018? (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan budaya sekolah melalui program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018? (3) Bagaimana Evaluasi pengembangan budaya sekolah melalui program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan tentang perencanaan pengembangan budaya sekolah melalui program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018, (2) Mendiskripsikan tentang pelaksanaan pengembangan budaya sekolah melalui program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018, (3) Mendiskripsikan tentang Evaluasi pengembangan budaya sekolah melalui program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya deskriptif untuk tehnik pengumpulan data menggunakan obsevasi non partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode interaktif Miles Huberman. Dengan langkah-langkah reduksi data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kreadibilitas data melalui triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan Bahwa (1) Perencanaan Pengembangan Budaya Sekolah melalui Program S3Q Di MAN Bondowoso Tahun 2017/2018, program yaitu salam, silaturahmi, sholat jama’ah, qur’ani (S3Q). program ini terhimpun program kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama. Sesuai dengan visi-misi madrasah yaitu visimisi yang terakhir berjiwa Islami. Tujuannya dari program ini adalah ingin memberikan pelayanan kepada siswa-siswi sesuai dengan syariat Islam. Untuk perencanaan program ini dilaksanakan pada awal tahun, akan tetapi tidak dilakukan disekolah melainkan di rumah salah satu guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama. (2) Pelakasanaan pengembangan budaya sekolah Di MAN Bondowoso tahun 2017/2018. Program S3Q MAN Bondowoso pelaksanaanya melalui salam, silaturahim, sholat jama’ah, qura’ani (S3Q).(3) Evaluasi pengembangan budaya sekolah Di MAN Bondowoso tahun 2017/2018. bahwa kepala madrasah mulai dari ketua dan anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama. Melakukan pemantauan secara terus-menerus. evaluasi program S3Q ini dilakukan rapat bulanan yaitu satu bulan sekali, di rumah guru, yang tergabung Guru Kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama. Yang dihadiri unsur pimpinan dan guru-guru agama atau guru kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama. Tujuan dari evaluasi tersebut untuk mengukur sampai sejauh mana hasil-hasil yang telah dicapai berdasarkan rencana yang telah ditetapkan. Hasil dari kegiatan evaluasi itu sendiri kemudian akan menjadi tolak ukur tingkat efektivitas atau tingkat keberhasilan program dan juga akan menjadi bahan untuk memperbaiki baik saat kegiatan berlangsung maupun ketika kegiatan sudah selesai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060103 Cell Development, Proliferation and Death |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Cindy Magang |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:02 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18151 |
Actions (login required)
View Item |