Masithah, Dewi (2016) Pengaruh Harga, Efektifitas Iklan, dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen pada Online Shop di Media Sosial (Studi Pada Mahasiswa S1 IAIN Jember Angkatan Tahun 2012-2015). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dewi Masithah_083 122 114.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sejalan dengan media sosial yang semakin ekspresif, konsumen akan semakin mampu mempengaruhi konsumen lain dengan opini dan pengalaman mereka. Selain pengaruh dari opini konsumen, faktor lain seperti harga, iklan dan promosi juga dapat mempengaruhi konsumen. Di mana pengaruh tersebut akan menimbulkan antusias para konsumen untuk berburu belanja melalui online shop. Fokus Penelitian dalam penulisan ini adalah: 1) bagaimana pengaruh harga terhadap minat beli konsumen?, 2) bagaimana pengaruh efektifitas iklan terhadap minat beli konsumen?, 3) bagaimana pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli konsumen?, 4) bagaimana pengaruh harga, efektifitas iklan, dan promosi penjualan terhadap minat beli konsumen secara simultan? Tujuan Penelitian dalam penulisan ini adalah 1) mengetahui pengaruh harga terhadap minat beli konsumen, 2) mengetahui pengaruh efektifitas iklan terhadap minat beli konsumen, 3) mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli konsumen, 4) mengetahui pengaruh harga, efektifitas iklan, dan promosi penjualan terhadap minat beli konsumen secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner yang diberikan kepada seluruh mahasiswa S1 IAIN Jember angkatan tahun 2012-2015 dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu cara pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu dan kemudian dianalsis dengan pendekatan kuantitatif yang meliputi : Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda, Uji t, Uji F, serta Analisis Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada online shop di media sosial, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (2,728>1,66088), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,008<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,277; (2) efektifitas iklan berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada online shop di media sosial, hal ini dibuktikan nilai t hitung>t tabel (1,947>1,66088), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,005<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,260; (3) promosi penjualan berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada online shop di media sosial, hal ini dibuktikan nilai t hitung>t tabel (6,311>1,66088), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,499; dan (4) harga, efektifitas iklan dan promosi penjualan bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada online shop di media sosial, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (48,023>2,70) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil uji R2 pada penelitian ini diperoleh nilai R2 sebesar 0,588. Hal ini menunjukkan bahwa minat beli dipengaruhi oleh harga, efektifitas iklan dan promosi penjualan sebesar 58,8%, sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Harga, Efektifitas Iklan, Promosi Penjualan, dan Minat Beli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18233 |
Actions (login required)
View Item |