Pengaruh Produk Bersertifikat BPOM terhadap Keputusan dan Minat Beli Msyarakat Desa Wringin Bondowoso.

Helida, Dyah Ayu (2015) Pengaruh Produk Bersertifikat BPOM terhadap Keputusan dan Minat Beli Msyarakat Desa Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dyah Ayu Helida_083 112 014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk baru yang beredar dan bersaing di pasaran yang belum tentu terjamin keamanannya dan sudah terdaftar sebagai produk yang aman ataupun layak untuk dikonsumsi. Masalah kemanan pangan (food safety) masih merupakan topik hangat dunia yang selalu dibicarakan pada setiap pertemuan pangan internasional. Laporan dari berbagai negara menunjukkan bahwa kasus keracunan dan penyakit melalui makanan masih selalu terjadi di berbagai negara. WHO (1993) bahkan melaporkan bahwa sekitar dari 70% dari penyakit diare yang terjadi di negaranegara yang sedang berkembang disebabkan oleh kosumsi makanan yang tercemar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh label BPOM terhadap keputusan dan minat beli masyarakat?, 2) Seberapa besar pengaruh label BPOM terhadap keputusan dan minat beli masyarakat? Tujuan penelitian secara umum ialah untuk menemukan, untuk mengembangkan, maupun koreksi atau menguji kebenaran ilmu pengetahuan yang telah ada. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Kuantitatif Asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesisi, peneliti menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana dan Uji t. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh yang positif mengenai label BPOM terhadap keputusan dan minat beli masyarakat berdasarkan dari hasil uji t dapat diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel yaitu 7,830 > 1,96 dan signifikansi < α yaitu 0,000 < 0,05. Karena thitung lebih besar dari ttabel dan tingkat probabilitasnya lebih kecil dari 5%, maka H0 ditolak, berarti secara parsial variabel label BPOM (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan dan minat beli (Y). Sementara besar pengaruh yang didapat dari hasil analisis regresi linier sederhana adalah 0,534. Dapat dikatakan bahwa nilai pengaruh label BPOM terhadap keputusan dan minat beli masyarakat cukup besar dikarenakan masyarakat sebagai konsumen cukup selektif dalam memutuskan memilih produk yang akan mereka konsumsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:48
Last Modified: 30 Jan 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item