Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Pada Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Zulfianita, Eka (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Pada Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Eka Zulfianita_T20154093.pdf

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Tematik di kelas IVA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember sebagaimana hasi observasi awal adalah pembelajaran Tematik yang membosankan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru tergolong monoton. Model kooperatif tipe STAD merupakan salah satu yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut karena model STAD ini menitikberatkan pada pembelajaran secara kelompok dimana dalam kerja kelompok tersebut peserta didik di arahkan agar saling membantu satu sama lain untuk bersama-sama memperoleh hasil yang maksimal, terutama dalam membantu memperbaiki hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaraan Tematik Dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember?; (2) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaraan Tematik Dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember?; (3) Bagaimana dampak Positif dan Negatif Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaraan Tematik Dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Sedangkan analisi datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Perencanaan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan cara a.) menyiapkan program semester dan silabus yang disusun bersama tim KKG pada awal semester; b.) menyusun RPP yang didalamnya menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD yaitu dari pengembangan silabus yang disusun bersama guru kelas IVB; c.) menyiapkan alat peraga dan media yang diperlukan seperti media gambar yang digunakan guru IVA pada pembelajaran tematik tema 9 sub tema 1 pembelajaran ke 1; d.) menyusun rubrik penilaian kognitif. (2) Penerapan model kooperatif tipe STAD dengan meliputi kegiatan awal (pembukaan) yaitu: a.) menyampaikan tujuan pembelajaran; b.) memotivasi peserta didik, kegiatan inti yaitu: a.) menyajikan/menyampaikan informasi kepada peserta didik; b.) mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok belajar; c.) membimbing kelompok-kelompok bekerja dan belajar; dan kegiatan akhir (penutup) yaitu: a.) evaluasi; b.) memberikan penghargaan. (3) Dampak positif dan negatif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: dampak positif: a.) hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik; b.) pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan; c.) peserta didik bersemangat saat KBM; d.) peserta didik memiliki hubungan sosial yang baik dengan peserta didik yang lainnya, dampak negatif: a.) memerlukan waktu lebih lama; b.) guru memerlukan tenaga lebih ekstra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:54
Last Modified: 16 Apr 2021 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item