Ulya, Furie Kholifatul (2021) Hubungan Pemberian Penghargaan (Reward) Dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Furie Kholifatul Ulya_084144024.pdf Download (10MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pemberian Penghargaan (Reward), Motivasi Belajar. Motivasi belajar peserta didik tidaklah sama, ada yang bersifat intrinsik dan juga ekstrinsik. Dalam proses pembelajaran, motivasi diperlukan untuk menambah minat belajar siswa, salah satunya pada mata pelajaran matematika yang seringkali masih dianggap sulit oleh siswa. Salah satu hal yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika adalah dengan memberikan reward. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk mengetahui hubungan pemberian reward terhadap motivasi belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pemberian penghargaan (reward) siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? (2) Adakah motivasi belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? (3) Adakah hubungan pemberian penghargaan (reward) terhadap motivasi belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pemberian penghargaan (reward) siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? (2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? (3) Untuk Mengetahui hubungan pemberian penghargaan (reward) terhadap motivasi belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, adapun pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sedangkan untuk pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment dan juga uji linearitas menggunakan rumus persamaan regresi linear sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Pemberian penghargaan (reward) pada kategori tinggi sebesar 20%, pada kategori sedang sebesar 63,33%, dan pada kategori rendah sebesar 16,67%. 2) Motivasi belajar siswa pada kategori tinggi sebesar 33,33%, pada kategori sedang sebesar 53,33%, dan pada kategori rendah sebesar 13,33%. 3) Ada hubungan positif yang cukup kuat antara pemberian penghargaan (reward) terhadap motivasi belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 02:36 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 02:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18282 |
Actions (login required)
View Item |