IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBIASAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PGRI GEBANG KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

NURUL ISNAINI ROHMA, 084 116 024 (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBIASAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PGRI GEBANG KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1. i cover skripsi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. viii Abstrak.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Nurul Isnaini Rohma, 2015. Implementasi Nilai-nilai Agama Melalui Pembiasaan
Bagi Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Gebang Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember.

Menanamkan nilai-nilai agama sejak dini merupakan pondasi awal yang
harus dibentuk, baik oleh orang tua ataupun guru. Dalam menanamkan nilai-nilai
agama bagi anak usia dini tidak cukup hanya dengan berdasarkan teori, akan
tetapi perlu ketauladan dan pembiasaan yang terus menerus. Pembiasaan yang
baik merupakan bagian penting dalam tahap awal perkembangan anak. Karena
pembiasaan-pembiasaan itu akan membentuk akhlak dan pribadi pada diri anak.
Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1)
Bagaimanakah implementasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan bagi anak usia
dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten?.
Sedangkan subfokus dalam penelitian ini adalah: (2a) Bagaimanakah
implementasi nilai-nilai agama aspek aqidah/tauhid melalui pembiasaan bagi anak
usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember? (2b) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai agama aspek syariah/ibadah
melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? (2c) Bagaimanakah implementasi nilainilai

agama aspek akhlak melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman
Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. Ada 2
tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Tujuan umum untuk mendeskripsikan
implementasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman
Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. (2) Tujuan
khusus (a) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai agama aspek
aqidah/tauhid melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak
PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. (b) Untuk mendeskripsikan
implementasi nilai-nilai agama aspek syariah/ ibadah melalui pembiasaan bagi
anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember. (c) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai agama
aspek akhlak melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak
PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode
pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data
kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber dan
triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini, dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu: (1)
Kesimpulan umum, implementasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan bagi anak
usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember dilakukan melalui pembiasaan berdo’a, melafalkan surat-surat pendek,
bersalaman dengan guru, membiasakan untuk mengucapkan dan membalas salam,
mengenalkan rukun iman dan rukun Islam melalui kegiatan bersyair dan
nyanyian, mengenalkan tempat-tempat ibadah melalui kegiatan menyusun
kepingan puzzle dan gambar, serta melibatkan peserta didik dalam kegiatan
keagamaan. (2) Kesimpulan khusus, (a) implementasi nilai-nilai agama aspek
aqidah/tauhid melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak
PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember antara lain: mengenalkan
rukun iman melalui kegiatan bersyair dan nyanyian, mengenalkan Allah melalui
ciptaan-ciptaan-Nya, mengenalkan sifat-sifat Allah yang baik, membiasakan
melafalkan kalimat-kalimat toyyibah, membiasakan membaca huruf hijaiyah,
membaca surat-surat pendek, dan do’a sehari-hari. (b) implementasi nilai-nilai
agama aspek syariah/ibadah melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman
Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dilakukan
melalui: mengucapkan dua kalimat syahadat, mempraktekkan sholat, berinfak
atau beramal, melaksanakan manasik haji kecil setahun sekali. Sedangkan untuk
ibadah puasa pembiasaannya tidak terlaksana dengan baik karena faktor usia dari
peserta didik. (c) implementasi nilai-nilai agama aspek akhlak melalui pembiasaan
bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember antara lain: bersyukur dan berdo’a kepada Allah, memberi
keteladanan dan nasehat yang baik, dan menjaga lingkungan dengan membuang
sampah pada tempatnya. Serta memberikan nasehat agar menyayangi binatang,
tidak suka mengganggu dan menyakiti binatang

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:01
Last Modified: 31 Oct 2017 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item