Citra Diri Difabel Melalui Public Relation di Aura Lentera Banyuwangi

Riza Ahyuni, Zakiyah (2023) Citra Diri Difabel Melalui Public Relation di Aura Lentera Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riza Ahyuni Zakiyah_D20161040.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Riza ahyuni Zakiyah, 2022: Citra Diri Difabel Melalui Public Relation di aura Lentera Banyuwangi
​Citra diri difabel menjadi sesuatu yang sangat perlu ditelaah karena dengan keterbatasan yang mereka miliki akan menghasilkan pandangan yang berbeda di kehidupan sosial dibandingkan masyarakat pada umumnya. Public relation disini menjadi media penghubung bagi difabel terhadap masyarakat dan sebuah jembatan bagi difabel untuk membangun dan meningkatkan citra diri mereka. Dukungan dan hambatan pada para difabel tentu saja menjadi elemen yang terdapat di dalam public relation tersebut. Organisasi atau komunitas dan lembaga yang mewadahi difabel tentu memahami bagaimana dukungan dan hambatan yang sering mereka dapatkan. Proses penyesuaian di masyarakat luas dengan membangun citra diri melalui public relation memiliki beberapa dukungan dan hambatan.
​Fokus masalah yang diteliti didalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana cara difabel membangun citra diri melalui public relation di Aura Lentera Banyuwangi?. 2). Bagaimana cara difabel menegosiasikan dirinya di tengah dominasi stigma masyarakat?. 3). Apa saja dukungan dan hambatan difabel dalam membangun citra diri?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara difabel membangun citra diri melalui public relation di Aura Lentera Banyuwangi. 2). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana difabel menegosiasikan dirinya di tengah dominasi stigma masyarakat. 3). Untuk mengetahui dukungan dan hambatan difabel dalam membangun citra diri.
​Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah citra diri difabel melalui public relation di Aura Lentera Banyuwangi prosesnya sangatlah beragam. Dari membangun kerja sama bersama pihak intansi-instansi, pemerintah, sekaligus melibatkan masyarakat Banyuwangi. Difabel Aura Lentera Banyuwangi didorong penuh untuk mandiri dan diwadahi dalam berbagai macam program kerja, hal itu bertujuan untuk meningkatkan semua potensi difabel dan memperjuangkan hak-hak difabel.

Kata kunci: Citra Diri, Difabel, Public Relation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Riza Ahyuni zakiyah
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:36
Last Modified: 01 Feb 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item