Nidom Hamami Abicandra, Muhammad Tathbiq al-Taqyim al-Waqi’iy Fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah Fi Barnamaj Dirasah al-Lughah al-‘Arabiyah Bi al-Ma’had al-Islamiy al-Idrisiy Li al-Banin Jember. ARKHAS, Arabic KH. Achmad Siddiq.
Text
1267-Article Text-2508-1-10-20220119 - ARKHAS.pdf Download (1MB) |
Abstract
Yang sering terjadi, seorang pendidik atau guru melakukan evaluasi proses pembelajaran
hanya setelah proses secara keseluruhan itu selesai, dan pada umumnya hanya mengukur atau
mengungkapkan sebatas kemampuan kognitif mahasiswa sedangkan kemampuan –kemampuan
yang lain belum dapat diukur atau diungkap. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan
autentik assesment dengan menggunakan model laporan dan presentasi (penampilan) di
Program Bahasa PP. APIS Al Idrisy 2 Jember, dan mendeskripsikan efektifitas penerapan
autentik assesment dengan menggunakan model laporan dan presentasi (penampilan) dalam
meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di Program Bahasa PP. APIS Al
Idrisy 2 Jember. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang fokusnya
dilaksanakan dalam kegiatan kelas sehingga penelitian berupa tindakan kelas yang terdiri dari
dua siklus. Penelitian ini diadakan di Program Bahasa PP. APIS Al Idrisy 2 Jember pada
tingkat wustha. Hasil penelitian ini menunjukkan efektifitas penerapan laporan mahasiswa dan
presentasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil dalam pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci: Autentik assesment, laporan, presentasi (penampilan).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Nidom Hamami Abicandra |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:33 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18334 |
Actions (login required)
View Item |