Hasanah, Nur Afifatul (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masala hpada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Nur Afifatul Hasanah_T20151243.pdf Download (10MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi pembelajaran dengan menghadapkan siswa pada permasalahan-permasalahan praktis sebagai pijakan dalam belajar. Maka dari itu Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum menerapkan strategi tersebut untuk mengetahui kemampuan siswanya dalam memecahkan suatu permasalahan yang ada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal. Mengingat banyak materi Fiqih yang mengandung kontroversi dan perlu dipecahkan bersama pada saat pembelajaran di kelas. Selain itu belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berarti belajar menjadi peran orang dewasa dalam memecahkan permasalahan yang ada. Strategi pembelajaran berbasis masalah sangat cocok diterapkan jika ingin menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa karena menuntut siswa untuk belajar dengan menggunakan keterampilan kognitif, sikap dan juga psikomotiknya. Pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kriteria pemilihan bahan pelajaran dalam strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Ulum tahun pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana langkahlangkah yang diterapkan dalam strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Ulum tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kriteria pemilihan bahan pelajaran dalam strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Ulum tahun pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan langkahlangkah yang diterapkan dalam strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Ulum tahun pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data (Data Display), penarikan kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Kriteria pemilihan bahan pelajaran dalam strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fiqih antara lain bahan pelajaran yang dipilih harus mengandung konflik, bahan pelajaran yang dipilih harus bersifat familiar atau sudah sering diketahui oleh siswa, bahan pelajaran yang dipilih harus mendukung kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa, bahan pelajaran yang dipilih juga harus sesuai dengan minat siswa sehingga siswa merasa penting untuk dipelajari. (2) Langkah-langkah yang diterapkan dalam strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fiqih antara lain menjelaskan tujuan pembelajaran, membagi kelompok, membimbing siswa dalam kegiatan kelompok, menyajikan hasil diskusi kelompok, mengevaluasi hasil diskusi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1837 |
Actions (login required)
View Item |