Munir, Miftakhudin (2021) Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatullah Gambiran Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Miftakhudin Munir_0849118023.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Humas, Citra Sekolah. Citra merupakan aset penting dan wajib dimiliki oleh lembaga sebagai bukti keberadaan dan kualitas lembaga. Sekolah Menengah Pertama Amanatullah Banyuwangi membangun sebuah citra yang ingin diwujudkan dan dikomunikasikan melalui lingkungan internal maupun eksternal. Citra tersebut dibangun untuk merespon era digital saat ini bahwa harapan sekolah terhadap lulusannya memiliki jiwa yang berdaya saing tinggi.Citra yang positif adalah tujuan utama sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai, oleh semua perusahaan dan lembaga pedidikan. Penilaian atau tanggapan masyarakat tersebut dapat berkaitan dengan timbulnya rasa hormat, kesan-kesan yang baik dan menguntungkan terhadap suatu citra lembaga atau organisasi. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanan humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatullah Gambiran Banyuwangi?. 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen humas dalam membangun citra sekolah di Sekolah Menengah Pertama Amanattullah Gambiran Banyuwangi?. 3) Bagaimana evaluasi manajemen humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatullah Gambiran Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan evaluasi manajemen humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya deskriptif lapangan (field research ), Teknik pengumpulan data yang di gunakan ( 1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan.Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Perencanaan program humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi, diawali dengan proses identifikasi masalah, penetapan tujuan, yang disepakati oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Komite dan juga Dewan Guru. Sehingga menghasilkan rencana program berupa program internal dan juga eksternal. Penetapan perencenaan kegiatan atau program humas melalui rapat musyawarah yang dilaksanakan sebelum memasuki tahun ajaran baru dan diikuti oleh seluruh pihak. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii Perencanaan kegiatan atau program humas terdiri dari hubungan masyarakat dan pengabdian masyarakat, teknologi informasi dan komunikasi dan bidang keagamaan. Pelaksanaan program humas dalam membangun citra lembaga di Sekolah Menengah Pertama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi, pelaksanaan program humas dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Waktu pelaksanaan berdasarkan jangka pendek, menengah dan panjang, meskipun ada kegiatan yang waktu pelaksanannya tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pelaksanaan program humas diikuti dengan kegiatan sosialisasi, publikasi melalui berbagai media sosial dan melakukan kerjasama dengan pihak yang terkait dengan program dan meliputi kegiatan eksternal (kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luar) dan kegiatan internal (kegiatan yang berhubungan dengan warga sekolah). Evaluasi humas dalam membangun citra Sekolah Menengah Pertama Amanatulloh Gambiran Banyuwangi, dalam proses evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah dan waka humas. kegiatan evaluasi yang dilakukan melalui rapat evaluasi yang diadakan setiap semester dan melalui rapat evaluasi secara kondisional serta melihat secara langsung proses pelaksanaan program humas, menerima dan menandatangani laporan hasil evaluasi berupa laporan pertanggungjawaban, dan menanyakan secara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dengan pelaksanaan program.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18375 |
Actions (login required)
View Item |