Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTSN Arjasa Jember. Skripsi, Jurusan tarbiyah.

Kusuma, Moch. Halim (2016) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTSN Arjasa Jember. Skripsi, Jurusan tarbiyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Halim Kusuma_084 103 091.pdf

Download (7MB)

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan pemberian otonom kepada sekolah untuk menentukan sikap dan kebijakan sekolah dalam rangka untuk meningkatkan mutu dan efisiensi sekolah. Sekaligus, untuk memperdayakan semua komponen-komponen yang di lembaga sekolah tersebut. Biasanya MBS itu di terapkan di SMP atau SMA akan tetapi MTs Negeri Arjasa juga menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Guru merupakan orang yang berusaha membimbing, meningkatkan, menyempurnakan dan mensucikan hati sehingga menjadi dekat dengan Khaliqnya. Ia juga memberikan perhatian yang sangat besar pada tugas dan kedudukan seorang pendidik. Hal ini tercermin dalam tulisannya: “Sebaik-baik ikhwalnya adalah yang dikatakan berupa ilmu pengetahuan. Hal itulah yang dianggap keagungan dalam kerajaan langit. Tidak selayaknya ia menjadi seperti jarum yang memberi pakaian kepada orang lain sementara dirinya telanjang, atau seperti sumbu lampu yang menerangi yang lain sementara dirinya terbakar. Maka, barang siapa yang memikul beban pengajaran, maka sesungguhnya ia telah memikul perkara yang besar, sehingga haruslah ia menjaga etika dan tugasnya. Dari latar belakang di atas, maka peneliti mengangkat judul “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember.”. Adapun fokus perrmasalahannya adalah bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember? Sedangkan sub fokus masalahanya adalah Bagaiamana kompetensi paedagogik guru di MTs Negeri Arjasa Jember? Bagaiamana kompetensi personal guru di MTs Negeri Arjasa Jember? Bagaiamana kompetensi sosial guru di MTs Negeri Arjasa Jember? Bagaiamana kompetensi profesional guru di MTs Negeri Arjasa Jember? Tujuan umum penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember. 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi sosial Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi personal Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember. 4) Untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi profesional Guru Di MTs Negeri Arjasa Jember. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, agar sukses dalam menjalankan tugasnya tentunya guru harus memiliki seperangkat kemampuan dalam bidang yang akan disampaikan maupun kemampuan untuk menyampaikan bahan (materi) agar mudah diterima peserta didiknya. Dengan kata lain, guru harus memiliki persyaratan-persyaratan yang menunjang dalam pelaksanaan tugasnya. Adapun hasil akhir dari penelitian ini MTs Negeri Arjasa benar-benar melaksanakan MBS dengan baik. Karena banyak perubahan-perubahan yang sangat signifikan. Seperti, guru yang mempunyai kemampuan yang berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum. Dan mempunyai tenaga pengajar yang professional untuk mendidik, mengajar, membimbing, menilai dan mengevaluasi peseta didiknya. Dan memiliki kemampuan menegakkan kedisiplinan dan memberikan budaya yang baik maupun social yang baik seperti Visi dan Misi MTs Negeri Arjasa jember. Yang mempunya ahlakul karimah, mempunyai pola pikir yang kritis dan kreatif yang di dasari oleh pengamalan nilai-nilai Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120399 Design Practice and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:51
Last Modified: 02 Feb 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18376

Actions (login required)

View Item View Item