Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Pada Pembelajaran Daring Di MIN 2 Jember

Putri, Lutvita Wahyuning (2020) Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Pada Pembelajaran Daring Di MIN 2 Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Lutvita Wahyuning Putri_T20164035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru terutama guru kelas. Pembelajaran daring menjadi salah satu pembelajaran yang telah diterapkan di MIN 2 Jember dimasa pandemi Covid-19. Dalam penerapan pembelajaran daring saat ini, tentu saja kompetensi pedagogik sangat dibutuhkan guru kelas untuk melaksanakan pembelajaran daring dengan sebaik mungkin. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas V dalam menyusun perencanaan pembelajaran pada pembelajaran daring? 2) Bagaimana kompetensi pedadogik guru kelas V dalam melaksanakan pembelajaran pada pembelajaran daring? 3) Bagaimana kompetensi guru kelas V dalam mengevaluasi pembelajaran pada pembelajaran daring?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas V dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada pembelajaran daring di MIN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deksriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposie sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Kondensasi data (Data Condensation), Penyajian data (Data Display), dan Kesimpulan (Conclusion). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penyusunan perencanaan pembelajaran daring yaitu: a) Guru menyusun alokasi waktu dan kaldik, prota, promes, silabus, dan RPP. b) Menggunakan RPP darurat Covid-19. c) Penyusunan RPP sama dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 dan disederhanakan sesuai Permendikbud No. 14 Tahun 2019. 2) Pelaksanaan pembelajaran daring yaitu: a) Pembelajaran daring diterapkan pada tanggal 16 Maret 2020 Tahun Pelajaran 2019/2020 dan berlanjut di Tahun Pelajaran 2020/2021 sejak 13 Juli 2020. b) Menggunakan bentuk pembelajaran daring dan luring. c) Pelaksanaan pembelajaran daring diawali dengan kegiatan pembiasan, berdo’a. Pada kegiatan inti, guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan materi. Dan kegiatan akhir guru memberikan soal latihan sebagai alat evaluasi.d) Menggunakan media sosialWhatsApp Group. 3) Evaluasi pembelajaran daring yaitu: a) Guru kelas V selalu melakukan evaluasi pembelajaran dengan memberikan soal-soal penilaian melalui google form menggunakan tes tulis dengan soal tipe HOTS. b) Kelebihan pelaksanaan pembelajaran daring adalah tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, peserta didik mendapatkan suasana belajar dan pengalaman baru, guru lebih terampil dan kreatif dalam mempersiapkan pembelajaran, kesehatan guru dan peserta didik tetap terjaga. c) Sedangkan kekurangannya adalah keterbatasan kuota internet, orang tua yang tidak bisa mendampingi dan mengawasi anaknya secara maksimal, tidak semua peserta didik mampu memahami materi karena keterbatasan penyampaian materi, dan peserta didik sulit fokus karena tempat pembelajaran yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:06
Last Modified: 22 Apr 2021 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item